RANCAH POST – Apa kabarnya para pengunjung web kami ? Semoga sehat selalu ya. Sekarang, setelah di artikel – artikel sebelumnya kami sudah banyak membahas cara merawat pakaian agar awet, kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai macam-macam noda yang kerap membandel di pakaian kita.

Cara merawat pakaian agar awet di antaranya harus mencuci dengan benar atau sesuai dengan petunjuk pencucian pakaian. Nah, kalau sudah terlanjur kena noda, gimana ya cara mengatasinya? Kalau mau tau, ayo simak ulasan berikut.

Noda bintik-bintik akibat jamur
Coba pakai citrid acid (sitrun) yang bisa bikin rasa asam pada makanan itu lho untuk menghilangkan nodanya. Noda bintik akibat jamur yang bersifat basah akan luntur sama sifat asam yang kuat pada sitrun. Cara menghilangkannya dengan menyiapkan air mendidih lalu masukkan sitrun sekitar 2 sendok makan per pakaian. Aduk hingga larut semua, masukkan pakaian berjamur, rendam kurang lebih 10 menit. Setelah airnya agak dingin, kucek menyeluruh, dan bilas beberapa kali sampai bersih.

Noda cat dan oli
Terkadang secara tak sengaja, pakaian kita bisa terkena noda akibat cat atau oli. Cara membersihkan noda ini adalah dengan menggunakan sebutir telur, pecahkan telur tersebut dan oleskan putih telurnya saja ke noda cat atau oli. Gosok berulang-ulang, lalu rendam semalaman. Esok harinya bisa dicuci seperti biasa.

Noda permen karet
Agar noda hilang, caranya yaitu masukkan pakaian ke dalam kulkas atau mengoleskan cuka pada nodanya. Kedua hal tersebut berfungsi melembekkan permen karet agar mudah dikerik pakai pisau. Cuci seperti biasa.

BACA JUGA :

Noda tinta
Ada dua cara nih untuk menghilangkan noda ini, cara pertama adalah dengan meneteskan aseton cairan penghapus cat kuku pada bagian yang terdapat noda tinta. Diamkan selama 30 menit, kucek bersih, lalu cuci seperti biasa. Cara kedua, yaitu bisa dengan hairspray yang mengandung aerosol. Semprotkan hairspray pada lap kering, gosok-gosok pada noda pakaiannya. Namun perlu hati-hati juga nih, zat aerosol mungkin juga bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian.

Share.

Leave A Reply