RANCAH POST – Salah satu calon Presiden FIFA, yaitu Luis Figo mengusulkan sebuah terobosan baru seputar penyelenggaraan Piala Dunia. Jika ia terpilih sebagai Presiden FIFA kemungkinan ia akan memperbanyak porsi negara peserta di turnamen terbesar sepakbola di seluruh dunia tersebut. Figo mempunyai rencana untuk menambah peserta Piala Dunia menjadi 40/48 Negara.

Pada penyelenggaraan Piala Dunia kebelakang jumlah peserta di ajang 4 tahunan sepakbola itu idealnya berjumlah 32, dibagi dalam 8 grup dengan masing-masing grup terdiri dari 4 Negara. Tapi, menurut Luis Figo format tersebut bukanlah satu-satunya format yang ideal untuk Piala Dunia. Luis Figo ingin sepakbola dunia semakin mencerminkan peralihan ke masa modern.

Menurut laman AS, mantan punggawa Real Madrid itu ungkap, “Piala Dunia merupakan ajang olahraga terbesar di dunia. Saya merencanakan adanya penambahan jumlah peserta di babak putaran final. Opsi pertama yakni 40 tim, dengan 8 grup masing-masing terdiri dari 5 Negara. Opsi ke-2 yaitu 48 tim yang dibagi dalam 2 blok, dengan 24 tim di tiap blok bermain di benua yang berbeda.”

Luis Figo tambahkan, “Dua skenario tersebut mungkin bisa dilakukan, dengan menambahkan 3 atau 4 hari saja pada jadwal turnamen. Jika terobosan ini berjalan, saya pikir ada kontestan baru 8/16 Negara, ini seharusnya diberikan kepada negara selain Eropa.”

Seperti diketahui pemilihan Presiden FIFA akan dilangsungkan pada (29/05/2015) mendatang. Selain Luis Figo ada calon lain yang turut bersaing dalam pemilihan orang nomor satu FIFA ini, yaitu Sepp Blatter (Presiden FIFA sebelumnya), Michael van Praag (Presiden Federasi Sepakbola Belanda) dan Pangeran Ali bin Al Hussein (Yordania).

Share.

Leave A Reply