RANCAH POST – Toshiba tampaknya tidak mau ketinggalan, untuk berpartisipasi dalam pengembangan ponsel generasi baru buatan Google, Project Ara. Hal ini mereka buktikan dengan disiapkannya 3 buah modul kamera, yang nantinya akan melengkapi kehadiran dari Ponsel Modular tersebut.

3 modul kamera yang disiapkan Toshiba ini terdiri dari 1 modul kamera depan dengan resolusi 2 MegaPiksel, dan dua modul kamera belakang dengan resolusi 5 dan 13 MegaPiksel. Dan tentunya, akan dapat dengan bebas dibongkar pasang pada ponsel modular tersebt, seperti yang dilansir Petapixel (18/02/2015).

Nama Toshiba sendiri belakangan ini memang cukup melejit di kancah kamera, terutama setelah munculnya rumor yang mengatakan bahwa HTC akan menggunakan sensor kamera dari Toshiba pada handset HTC One (M9) mendatang, menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Sony pada HTC One (M8).

Ketiga buah modul kamera yang dipamerkan Toshiba pada Modular Phones Forum tersebut sejatinya termasuk kedalam tahap pertama, dari 3 tahap dalam rencana pengembangan Project Ara yang diharapkan akan selesai pada tahun 2016 tersebut.

Tahap pertama akan berfokus pada fungsi-fungsi standar ponsel, termasuk kamera. Sedangkan tahap kedua akan difokuskan pada penambahan fitur-fitur jeroan lainnya, seperti dukungan konektifitas NFC, serta modul RAM.

Pada pertengahan Januari 2015 lalu, Google telah meluncurkan ponsel modular perdananya, dengan nama Spiral2. Ponsel ini pertama kali diperkenalkan pada acara Project Ara Developers Conference di Mountain View, California, AS. Dan dipersiapkan untuk mulai dirilis pada Q2 2015 nanti.

Spiral 2 ini dibekali dengan layar beresolusi 720×1280 piksel, 5MP kamera utama serta dua aplikasi prosesor berupa Marvell PXA1928 dan NVIDIA Tegra K1. Handset tersebut juga telah dilengkapi dengan konektifitas Bluetooth, WiFi dan koneksi 3G.

[youtube url=”http://youtu.be/Mo4GeSil9fU” autohide=”0″]

Share.

Leave A Reply