RANCAH POST –  Berita Hari Ini, Raja Abdullah bin Abdulaziz, wafat pada Jumat (23/1/2015) dini hari. Raja Arab Saudi ini meninggal dalam usia 90 tahun, berita ini diumumkan oleh televisi milik pemerintah negeri kaya minyak tersebut.

Pasca Raja Abdullah wafat, secara otomatis sang adik, Pangeran Salman bin Abdulaziz naik takhta menggantikan Raja Abdullah.

Menurut laman CNN, pengumuman wafatnya Raja Abdullah disebar pasca beberapa minggu kantor berita Arab Saudi menyatakan Raja Arab Saudi tersebut masuk rumah sakit karena penyakit pneumonia yang sudah lama dideritanya.

Sejak memiliki takhta, Raja Abdullah mengambil sejumlah kebijakan untuk memperluas kebebasan dan memberikan jatah lebih besar kepada pendidikan dan infrastruktur dari raupan terbesar negara yang hidup dari minyak.

Dengan perlahan tapi pasti Di bawah arahan Raja Abdullah Arab Saudi bisa menyingkirkan kelompok militan al-Qaeda, Sejumlah pimpinan kelompok sparatis tersebut ditangkap dan dibinasakan.

Peran beliau di kancah Internasional juga sangat besar, membuat Arab Saudi penting di mata internasional. Tahun lalu, Arab Saudi menjadi pemimpin sejumlah negara Arab untuk menumpas ISIS.

Menanggapi meninggalnya Abdullah, Dalam pernyataan tertulis Presiden Barack Obama pada Kamis waktu setempat, mengatakan Raja Arab Saudi ini merupakan pemimpin yang berani mengambil keputusan untuk mewujudkan perdamaian negara-negara Timur Tengah.

Share.

Leave A Reply