RANCAH POST – Harga Sony Xperia E3 saat ini dibanderol Rp1,9 jutaan, sedangkan Xiaomi Redmi 1S awalnya dirilis pada bulan Mei lalu. Namun, kemudian dirilis secara global baru-baru ini dan dijual dengan banderol harga Rp1,4 jutaan. Bagi Anda yang merasa tertarik dengan ponsel-ponsel ramah di kantong Sony Xperia E3 atau Xiaomi Redmi 1S diharapkan terlebih dahulu untuk mengetahui lebih rinci mengenai spesifikasi, fitur dan perbandingan harga.

Xiaomi Redmi 1S memiliki layar 4,7 inci IPS LCD dibundel dengan resolusi layar 720 x 1.280 piksel. Sementara itu, Sony Xperia E3 dilengkapi dengan layar 4,5 inci IPS memiliki resolusi relatif rendah 480 x 854 piksel. Sementara itu, kepadatan piksel dari handphone Xiaomi adalah 312 ppi, dan handset Sony tampil dengan 218 ppi.

Soal tampilan eksterior, smartphone Xiaomi Redmi 1S memiliki cover belakang terbuat dari plastik yang sedikit mengkilap. Namun, pada bagian depan dan panel belakang rawan meninggalkan sidik jari dan juga noda. Bahan plastik yang digunakan dalam perangkat Xiaomi terlihat lebih baik bila dibandingkan dengan handset lain. Sementara itu, kesan pertama pertama dari Sony Xperia E3 terlihat seperti smartphone premium. Perangkat ini tampil dengan sudut membulat dan dibangun dengan efek matte terbuat dari bahan plastik keras, namun bezel yang lebih tebal tidak bisa diabaikan. Secara keseluruhan, kualitas plastik dari perangkat Sony diklaim lebih unggul.

Harga Sony Xperia E3 vs Xiaomi Redmi 1S, Fitur dan Spesifikasi Perbandingan

Berbicara tentang ukuran kedua handphone, Xperia E3 hadir dengan dimensi 137.1 x 69.4 x 8.5 mm dan berat 143.8 gram, sedangkan Redmi 1S tampil dengan dimensi bodi 137 x 69 x 9.9 mm serta memiliki bobot 158 gram.

BACA JUGA : Harga dan Spesifikasi Sony Xperia E3 vs Motorola Moto G, Duel Handset Baru

Spesifikasi dapur pacu dari kedua ponsel, sangat menarik karena edua handset yang didukung oleh prosesor quad-core yang sama (Qualcomm Snapdragon 400) Cortex-A7 dan dukungan 1 GB RAM. Namun, prosesor pada perangkat Sony berlari pada clock 1,2 GHz, sementara prosesor Xiaomi mampu berlari lebih kencang pada 1,6 GHz. Xiaomi Redmi 1S menjalankan sistem operasi Android v4.3 Jelly Bean dengan dibalut desain antarmuka MIUI v5, sedangkan Sony Xperia E3 berjalan pada sistem operasi Android v4.4.2 KitKat.

BACA JUGA : Sony Xperia E3 vs Sony Xperia M, Harga dan Spesifikasi Perbandingan

Sejauh memori berjalan, perangkat Sony dilengkapi dengan 4 GB penyimpanan internal, sedangkan handset Xiaomi dilengkapi dengan 8 GB penyimpanan. Namun, kedua handset mendukung kartu microSD untuk ekspansi hingga 32 GB.

Sony Xperia E3 dibekali kamera utama 5 megapiksel dengan flash LED, sedangkan handphone Xiaomi Redmi 1S menampilkan kamera belakang yang lebih besar 8 megapiksel, juga dilengkapi dengan flash LED. Disamping itu, handset Sony Xperia E3 memiliki kamera menghadap ke depan VGA, sedangkan Xiaomi Redmi 1S hadir dengan kamera depan 1,6 megapiksel. Xiaomi Redmi 1S didukung oleh baterai Li-Ion 2000 mAh, sedangkan Xperia E3 dilengkapi dengan unit baterai yang relatif lebih baik Li-Ion 2330 mAh.

Fitur lain yang disematkan pada masing-masing handset meliputi, Xiaomi Redmi 1S memiliki panel belakang yang dapat diganti-ganti. Sony Xperia E3 mendukung kartu mikro-SIM, sementara handset Xiaomi mendukung mini-SIM. Selain itu, kedua perangkat tampil dengan dukungan dual-SIM. Kedua handset juga dilengkapi dengan fitur koneksi Bluetooth v4.0, Wi-Fi dan dukungan microUSB. Sementara perangkat Sony mendukung 4G LTE dan NFC, sebagaimana handset Xiaomi Redmi 1S tidak mendukung dua fitur terakhir ini.

Harga Sony Xperia E3 4 GB (Dual-SIM) dijual pada kisaran harga Rp1.999.0000. Sementara itu, Xiaomi Redmi 1S 8 GB (Dual-SIM) dibanderol harga Rp1.499.000. Harga tersebut merupakan harga yang tertera di Lazada Indonesia per bulan Desember 2014. Handset tersedia untuk dibeli secara online melalui situs resmi Lazada.

Itulah ulasan singkat mengenai harga Sony Xperia E3 dan Xiaomi Redmi 1S, ponsel ramah di kantong namun memiliki spesifikasi yang patut diacungi jempol. Bagaimana, Anda tertarik?

Ikuti juga update tentang info harga dan spesifikasi handphone Sony terbaru sebagai referensi Anda ketika mencari dan mempertimbangkan untuk membeli smartphone idaman. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply