RANCAH POST – Android memang platform mobile paling populer saat ini. Namun dibalik kepopulerannya, Android ternyata masih memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah tidak adanya pilihan tema Android atau user interface yang dibawa handset ini.

Untuk kalangan anak mudaa, yang sukanya berinovasi dan mencoba hal baru, hal ini tentunya menjadi suatu gangguan atau halangan tersendiri. Mereka dipaksa harus puas dengan tampilan interface yang itu-itu saja.

Tapi tahukah anda, bahwa meski Android tidak menyediakan tampilan yang dapat diubah-ubah seperti ponsel jaman Symbian dkk dahulu.

Anda masih tetap bisa mengganti dan mengubah tampilan Interface alias tema handset Android anda, sesuai keinginan anda.

Untuk melakukan hal ini, anda tidak perlu ribet-ribet mengubah kode dasar Android kok. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan ini.

Lalu, apakah aplikasi ini aman dan tidak akan menimbulkan masalah kedepannya? Tentu saja aman, asalkan aplikasi yang anda gunakan adalah aplikasi yang legal dan resmi serta terpercaya.

Sudah banyak kok, aplikasi-aplikasi interface Android atau yang juga dikenal dengan sebutan Launcher Android yang aman dan terpercaya.

Bahkan sebagian pembuat atau pengembangnya adalah pihak-pihak yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi pertanggungjawabannya.

Seperti Xiaomi, Facebook, bahkan Google snediri, yang merupakan pemilik dari Android telah menyediakan aplikasi Launcher resmi.

Nah, lalu apa sajakah, aplikasi launcher resmi pengubah tema Android yang dapat dipercaya dan populer itu?

1. MiHome Launcher

Aplikasi Pengubah Tema Android Paling Populer di Tahun 2014
MiHome Launcher

MiHome Launcher merupakan sebuah launcher MIUI resmi dari Xiaomi, yang digunakan pada handset jebolan Xiaomi seperti Redmi 1S misalnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, ada resiko yang harus anda tanggung. Yakni kehilangan kemampuan untuk mengakses App Drawer, tempat dimana semua aplikasi pada handset Android andaa disimpan.

Namun sebagai gantinya, anda akan mendapati semua aplikasi tersebut mendarat di laman homescreen, seperti halnya handset iPhone.

Namun anda tidak perlu kuatir. Sebab hal ini takan merusak tampilan Homescreen anda, karena anda masih akan dapat menyeting tampilan layar utama perangkat anda, seindah dan secantik mungkin sesuai keinginan anda.

Anda akan diberikan akses untuk dapat membuat folder, dan menyimpan aplikasi serta wdget anda di dalamnya.

Satu hal yang membuat launcher satu ini begitu populer adalah banyaknya ketersediaan tema Android yang dapat anda gunakan.

Ketika tema Android diubah, tampilan tampilan wallpaper, icon, serta widget-widget tertentu akan turut berubah sesuai dengan tema yang anda pilih. Hebat bukan? Unduh di MIUI

2. Google Now Launcher

Aplikasi Pengubah Tema Android Paling Populer di Tahun 2014
Google Now Launcher

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap handset Android yang diluncurkan, secara normal akan menggunakan tampilan UI (User Iterface) yang didesain dan dibuat oleh para vendor smartphone tersebut.

Seperti Samsung dan Xiaomi misalnya. Hal ini tidak lain dilakukan demi menarik minat pembeli, sekaligus memperindah tampilan agar pengguna tidak merasa bosan.

Namun ada kalanya, sebagian pengguna lebih menginginkan tampilan Android murni dari Google, karena alasan tertentu.

Nah, untuk mengatasi keinginan ini, Google telah meluncurkan Google Now Launcher, yang mana akan mengubah tampilan tema Android anda kedalam tampilan default Android Murni, seperti yang terdapat pda jajaran hadset Nexus milik Google.

Selain lebih hemat daya, tampilan Google Now Launcher ini juga memungkinkan anda untuk mengakses beberapa layanan internet Google yang takan ditemukan di perangkat lain.

Selain itu, desaain pada homescreen-nya yang mengusung tampilan yang bersih dan flat, serta ukuran icon yang lebih besar akan memudahkan anda dalam melakukan tap pada setia iconnya. Dan dengan melakukan swipe ke arah kanan, anda akan mendapati layanan Google Now. Anda mengerti kan?

Nah, sayangnya, aplikasi launcher Google ini tidak dapat digunakan di semua perangkat Android. Ia hanya bisa dipasang di handset Android dengan versi Jelly Bean 4.3 ke atas.

Unduh di Play Store

3. Facebook Home

Aplikasi Pengubah Tema Android Paling Populer di Tahun 2014
Facebook Launcher

Meski tidak sepopuler kedua aplikasi Launcher di atas, Facebook home sempat menarik perhatian ketika pertama kali diluncurkan.

Facebook Home sendiri tampaknya dipersembahkan bagi para pengguna Facebook yang tidak puas dengan mengakses Facebook dari aplikasi biasa.

Tak main-main, Facebook Home ini juga akan mengganti tampilan Walpaper handset anda secara otomatis, dengan foto yang baru diunggah teman anda.

Namun untuk menghindari berbagai kemungkinan, fitur ini masih bisa dikendalikan, dengan cara memblokir teman anda yang anda tidak mau fotonya muncul di handset anda.

Selain itu, ada pula fitur Chat Head, yakni sebuah balon pemberitahuan yang akan muncul otomatis ketika anda mendapat pesan dari teman. Dan uniknya, balon ini dapat anda pindahkan sesuai keinginan.

Sayang, semakin kemari, aplikasi ini semakin diabaikan saja oleh para pengguna. Hal ini mungkin karena aplikasi Launcher ini memberikan akses Facebook yang berlebihan, sehingga menghilangakan nuansa Android dari handset anda, dan bahkan malah mengganggu bagi sebagian orang.

Selain itu, launcher ini juga memakan sumber daya yang amat besar untuk dapat beroperasi. Sesaat setelah anda menginstalnya di hadnset anda, saya yakin anda akan merasakan perubahan kinerja yang makin melambat.

Terutama jika handset anda memiliki RAM dengan ukuran mungil. Dampaknya pasti akan sangat terasa.

Selain ketiga aplikasi di atas, masih ada banyak aplikasi launcher yang memungkinkan anda untuk mengganti tema Android anda sesuka hati. Seperti EverythingMe, Aviat Launcher dan masih banyak lagi.

Dan luar biasanya, kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut hadir secara gratis dan cuma-cuma.

Share.

Leave A Reply