RANCAH POST – Diet memang telah menjadi topik abadi yang selalu dibahas kaum wanita. Berbagai cara diet kerap kali dicoba oleh kaum hawa, tak peduli ia masih remaja, atau bahkan sudah cukup umur, mereka akan terus khawatir dengan bentuk dan ukuran tubuhnya. Mungkin ini memang hal lumrah bagi wanita, seperti kaum pria yang selalu khawatir dengan bau badannya.

Mulai dari diet yang ringan, biasa, ketat, hingga diet super ketat yang akhirnya mengantarkan mereka ke kamar rawat inap rumah sakit terdekat. Ada pula yang mencoba cara cepat, ini bagi mereka yang berduit tentunya. Mulai dari sedot lemak hingga sedot tinja tak ketinggalan dicobanya.

Benar, setiap wanita, tak terkecuali mereka yang mengaku sebagai muslimah atau wanita muslim. Padahal, Islam sendiri melarang umatnya, untuk menyakiti orang lain, dan dirinya sendiri. Karena itu termasuk dzalim, dan suatu perilaku yang dibenci Allah SWT.

Meski kini sudah banyak yang sadar, masih ada saja para muslimah cantik yang memakai pola diet yang buruk hingga berbahaya dalam usahanya untuk menurunkan berat badannya. Padahal, ada loh, cara diet yang lebih Islami, atau bisa dibilang lebih syar’i dan lebih barokah.

Disamping aman dan menyehatkan, cara diet ala Islam ini juga dapat menambah pahala ibadah kawan-kawan muslimah semua. Karena selain sehat dan masuk akal, cara diet ini sesuai dengan perintah Rasulullah saw.

Nah, lalu, apa sajakah cara diet yang halal dan Islami tersebut? Berikut beberapa tips diet ala Islam, yang bisa kawan muslimah semua coba di rumah, untuk menurunkan berat badan, dan membuat tubuh do’i makin ideal.

1. Niat

Segala sesuatu memang harus diawali dengan niat yang kuat dan mantap. Jika setengah-setengah atau dengan ragu, maka hasil yang kita dapatkanpun takanlah sempurna. Untuk dalil dan lainnya, mungkin saudari semua sudah pada tahu deh.

2. Lakukan Puasa Sunah Secara Rutin atau Istiqomah

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sunah semampu kita. Ada beberapa paket pilihan puasa yang bisa dipilih kawan semua. Mulai dari puasa Daud (selang sehari, sehari puasa, sehari buka), Puasa Senin-Kamis (puasa di hari senin dan kamis), serta puasa tengah bulan (puasa pada tanggal 13, 14 dan 15 pada hitungan bulan hijriyah). Namun kita juga perlu memperhatikan banyak hal, seperti menu berbuka. Pastikan menu untuk sahur dan berbuka adalah menu sehat yang tentunya tidak kurang dari standar gizi dan tidak terlalu berlebihan. Karena jika menu berbuka kita sama dengan menu makan sepenuh hari, usaha diet inipun malah akan sia-sia, ya meskipun kita mendapatkan pahala dari puasa kita.

3. Ibadah Sholat Wajib dan Dunah yang Istiqomah

Yang ketiga adalah dengan terus menjalankan ibadah sholat wajib dan sunah secara istiqomah, alias berketerusan. Jangan berhenti di tengah jalan karena malas, apalagi sampai bolong-bolong solatnya. Oh ya, sholatnya juga musti betul-betul loh, jangan main-main apa lagi sembarangan. Karena mungkin kawan muslimah semua juga sudah tahu bukan, bahwa dalam gerakan Sholat sendiri, terdapat banyak sekali gerakan-gerakan yang bermanfaat. Seperti melancarkan peredaran darah, relaksasi tubuh hingga membantu menurunkan berat badan. Jika tidak percaya, kawan bisa mencobanya sendiri kok.

4. Makanlah Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang
Nah, mungkin tips yang keempat ini sudah cukup familiar di kuping kawan-kawan semua. Yap, ini adalah salah satu saran dan rujukan dari Rasulullah saw sendiri. Makanlah sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Kenapa? karena jika kita melewatkan makan, kita akan mengundang penyakit, seperti magg misalnya. Lalu jika makan berlebihan juga sama saja, akan menimbulkan penyakit dan kemalasan. Misalnya, gula, kolesterol, obesitas dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, kita sebagai muslim alangkah baiknya untuk mengatur pola hidup kita. Bukan hanya makan, tapi juga segala hal dalam hidup. Kita harus bisa mengurangi bahkan meninggalkan segala sesuatu yang sifatnya berlebihan. Kita harus belajar lebih sederhana, dan disiplin dengan aturan yang ada, agar hidup kita lebih berkah dan lebih baik lagi. Namun sederhanapun jangan berlebihan juga. Karena sesungguhnya, Allah SWT itu tidak senang dengan segala sesuatu yang berlebihan.

Share.

Leave A Reply