Connect with us

Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Khasiat Asam Jawa

Kesehatan

Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

rancahpost.co.idKhasiat asam jawa, tamarindus indica sebutan ilmiah dari asam jawa ini merupakan buah-buahan dari suku fabaceae. Buah ini bewarna coklat dengan bentuk yang terlihat polong dan memiliki ciri khas rasanya asam atau kecut. Di dalam polong tersebut terdapat beberapa biji asam jawa sekitar 3-5 bewarna cokelat agak kehitaman dan tentunya keras.

Jenis tanaman ini mampu beradaptasi pada daerah tropis sehingga banyak ditemukan di benua Asia itu sendiri. Secara kimia buah asam jawa ini banyak mengandung gizi dan zat fitonutrien diantaranya yaitu provitamin, vitamin c, mineral kalsium, fosfor, kalium dan serat. Dari kandungan zat tersebut maka asam jawa dijadikan salah satu alternatif pengobatan alami untuk beberap penyakit.

Ternyata asam jawa yang selama ini kita kenal sebagai bumbu masakan dapur, ada banyak manfaat kesehatan juga di dalam khasiat asam jawa.

Beberapa khasiat asam jawa untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut,

1. Mengatasi batuk kering dan dahak.
Pengolahannya dengan cara ambil 3 polong asam jawa yang masih segar,  kemudian ditambahkan beberapa daun saga lalu rebus menggunakan 4 gelas air hingga mendidih dan menjadi 1 gelas. Selanjutnya bagilah untuk 2x minum untuk satu gelas tersebut. Lakukan secara rutin sampai teratasi batuk kering Anda.

2. Mengobati sariawan.
Dengan cara ambil 2 polong asam jawa, ditambah 2 rimpang temulawak dan 1 potong gula kelapa. Kemudian rebus semua bahan dalam 2 gelas air dan biarkan sampai mendidih serta menjadi 1 gelas air. Saring airnya dan anda dapat langsung minum sarinya 1x sehari. Bisa dilakukan secara rutin.

Demikian khasiat asam jawa yang bisa Anda manfaatkan untuk pengobatan alternatif kesehatan. Jika anda mempunyai manfaat lainya dari khasiat asam jawa, silahkan bisa share disini dan semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top