Selasa, 4 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

RANCAH POST – Banyak wanita yang menginginkan rambut panjang dan indah. Cara merawat rambut panjang yang salah menjadikan rambut mudah rontok.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok :

  1. Saat bangun tidur di pagi hari, janganlah tergesa-gesa menyisir rambut. Sisirlah rambut dengan jari jemari tangan untuk mengurai rambut yang kusut.
  2. Sebelum keramas, sisir rambut terlebih dahulu. Demikian pula saat rambut masih dalam keadaan basah dan diberi conditioner. Menyisir rambut dalam keadaan demikian, bisa menghindari kusut.
  3. Saat penggunaan conditioner dan bahan perawatan lainnya, cukup diaplikasikan di batang dan ujung rambut. Karena memang di bagian itu yang paling membutuhkan, bukan di kulit kepala.
  4. Penggunaan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas dan jarak dengan rambut yang terlalu dekat.
  5. Jika anda sering memakai catok atau hairdryer, maka pakailah serum rambut yang khusus diformulasikan sebagai pelindung rambut dari panas berbagai alat hair styling. Pemakaian serum juga sangat diperlukan untuk melindungi rambut dari berbagai polusi dan efek buruk dari sinar matahari.
  6. Bebaskan rambut anda ketika tidur dan jangan mengikat rambut terlalu kencang serta hindari mengikat rambut saat berkeringat.
  7. Gunakan masker rambut dari bahan alami yang terbuat dari beberapa jenis buah-buahan. Pilihlah masker rambut dari bahan alami, seperti minyak zaitun, buah alpukat, madu, minyak essensial dsb.

Makanan yang kaya protein dan zat besi seperti ikan ,bit dan hati dapat membantu memperkuat batang rambut sehingga dapatĀ  mengurangi kerontokan pada rambut.selain makan-makanan yang kaya protein dan zat besi di anjurkan pula untuk mengkonsumsi buahan-buahan yang mengandung vitamin C karena vitamin C dapat membatu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Selain 2 makan-makanan di atas sangat di anjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun karena makanan yang mengandung vitamin E dapat memberikan efek positif pada kulit dan rambut. Kedelai juga mengandung mineral berharga yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut sehat.

Oat tak hanya mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan, namun juga mengandung vitamin dan mineral yang banyak seperti zinc, zat besi, dan asam lemak omega-6. Asam lemak omega-6 diketahui penting untuk menjaga kulit tetap sehat, serta menjaga perkembangan rambut.

Produk susu yang rendah lemak seperti susu skim atau yogurt bisa jadi sumber kalsium dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut. Mengonsumsi yogurt dan keju bisa membantu menangkal kerontokan rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,241FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan