RANCAH POST – Handset terbaru Samsung Galaxy Note 4 dan Sony Xperia Z3 diluncurkan dalam gelaran IFA 2014 di Berlin. Smartphone tersebut akan hadir di toko-toko retail diperkirakan pada pada bulan September ini.

Pembaca yang tertarik untuk membeli Samsung Galaxy Note 4 atau Sony Xperia Z3 harus mengetahui terlebih dahulu mengenai perbandingan harga, fitur dan spesfikasi dari kedua handset terbaru itu.

Layar, desain, eksterior dan dimensi
Samsung Galaxy Note 4 memiliki layar Super AMOLED 5,7 inci, sedangkan Sony Xperia Z3 dilengkapi dengan layar IPS LCD yang relatif lebih kecil 5,2 inci. Resolusi layar dan kerapatan piksel Galaxy Note 4 dan Xperia Z3 masing-masing adalah (1,440 x 2.560 piksel dan 515 ppi) dan (1.080 x 1.920 piksel dan 424 ppi).

Menyoal perbedaan layar, perangkat Samsung menghadirkan tampilan yang tajam dan bezels yang sangat tipis. Sementara itu, perangkat Sony memberikan layar jernih dan tajam yang dibantu oleh teknologi layar TRILUMINOS Live Color LED dan X-Reality. Meskipun kedua layar handset tampil hebat, dengan ukuran layar humongous dilengkapi dengan resolusi qHD dan intrik detail, Samsung Galaxy Note 4 lebih diunggulkan.

Publikasi yang sama menggodanya mengatakan, “Sony Xperia Z3 mengayun bersama wanita sementara Galaxy Note 4 memainkan wingman”. Logika di balik pernyataan tersebut adalah Sony Xperia Z3 yang dibekali eksterior aluminium melengkung, di samping panel kaca identik terlihat pada perangkat Xperia high-end yang menarik bagi para perempuan. Galaxy Note 4 memiliki tubuh plastik standar yang identik dengan perangkat Samsung dan diharapkan bingkai logam penutup yang tampaknya cocok untuk laki-laki. Namun, kedua ponsel menjadi terlihat sangat premium dipadukan dengan tren saat ini.

Ketebalan dan berat Sony Xperia Z3 adalah masing-masing 0,29 inci dan 163 g. Sedangkan Galaxy Note 4 adalah 0.33 inci tebal dan berat 176 g.

Hardware, software dan memori
Samsung Galaxy Note 4 didukung oleh prosesor quad-core terbaru (Qualcomm Snapdragon 805) Krait 450, berjalan pada clock 2,7 GHz. Sony Xperia Z3 didukung oleh prosesor yang relatif lebih rendah yakni prosesor quad-core (Qualcomm Snapdragon 801) Krait 400, berjalan pada clock 2,5 GHz. Meskipun demikian, kedua ponsel dilengkapi dengan 3 GB RAM.

Samsung juga menawarkan pilihan prosesor berdasarkan wilayah rilis, yaitu, prosesor octa-core (Exynos 5433). Namun, tidak ada informasi yang tersedia untuk memastikan kapan dan di mana model ini akan meluncur. Selain itu, kedua perangkat berjalan di OS Android, v4.4.4 (KitKat). Perangkat Samsung menggunakan TouchWiz UI di atas Android OS.

Menyoal memori, handset Samsung menawarkan 32 GB built-in penyimpanan internal, sedangkan handset Sony menyediakan 16 GB dan 32 GB pilihan penyimpanan internal. Sony Xperia Z3 mendukung kartu microSD untuk ekspansi hingga 128 GB, sedangkan Samsung Galaxy Note 4 menyediakan hingga 64 GB.

Kamera dan baterai
Samsung Galaxy Note 4 dibekali kamera belakang 16 MP ISOCELL dengan LED flash, sementara Sony Xperia Z3 dilengkapi kamera belakang 20,7 MP dengan LED flash. Xperia Z3 dan Galaxy Note 4 dilengkapi kamera depan masing-masing 2,2 MP dan 3,7.

Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi dengan fitur optical image stabilization (OIS). Xperia Z3 memiliki fitur 8x zoom digital dan 3x pilihan Clear Image. Perangkat Sony juga menyediakan pilihan 1,080p video chat. Kendati demikian, kedua ponsel dilengkapi dengan kemampuan merekam 1,080p/4K video, foto re-fokus dukungan editing.

Selain itu, Galaxy Note 4 dibekali baterai yang sangat kuat Li-Ion 3220 mAh, sedangkan Sony Xperia Z3 memiliki baterai yang relatif rendah yakni 3,100 mAh.

Konektivitas, SIM dan warna
Terlepas dari pilihan konektivitas standar, perangkat Samsung mendukung NFC dan Inframerah, sedangkan perangkat Sony mendukung NFC tetapi tidak Inframerah. Sementara Galaxy Note 4 mendukung micro-SIM, Xperia Z3 dilengkapi dengan dukungan nano-SIM.

Samsung Galaxy Note 4 tersedia dalam warna putih, emas, pink dan hitam, sedangkan Sony Xperia Z3 hadir dalam warna hitam, putih, silver hijau dan warna tembaga.

Lain-lain
Kedua ponsel tahan air dan debu. Handset bisa bertahan 30 menit di bawah air (dengan kedalaman 1,5 meter). Xperia Z3 dilengkapi dengan penghitung langkah dan detektor yang unik. Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi dengan UV, denyut jantung, SpO2 dan sensor berbasis gerakan. Galaxy Note 4 juga dilengkapi S-Pen stylus. Samsung menawarkan pemindai sidik jari yang banyak digemari untuk membuka perangkat dan juga untuk melakukan pembayaran.

Harga
Kabarnya, Samsung Galaxy Note 4 akan dijual dengan harga berkisar antara USD799 dan USD849 di Amerika Serikat. Sony Xperia Z3 akan dijual dengan harga antara £550 dan £600 di Inggris. Meskipun demikian, rincian harga belum dikonfirmasi oleh kedua perusahaan.

Share.

Leave A Reply