22.9 C
Ciamis
BerandaLifestyleKesehatanMengenal Virus Ebola Yang Bahaya dan Penyebarannya

Mengenal Virus Ebola Yang Bahaya dan Penyebarannya

RANCAH POST – Wabah ebola kini tengah menyerang wilayah Afrika Barat yang menimbulkan keprihatinan dunia. Ratusan orang telah meninggal akibat serangan virus ebola. Penyakit mematikan ini memiliki tingkat kematian mencapai 90 persen penderita meninggal dunia. Dan yang lebih bahaya lagi, belum ada vaksin atau obat untuk mencegah ebola.

Virus ebola ditemukan pertama kali di Afrika tahun 1976. Awalnya, virus ini hanya menyerang hewan primata seperti monyet dan kera. Namun seiring berkembangnya waktu, virus ini menular pada manusia. Pada tahun ini, virus ebola kembali mengganas, jumlah kematian sudah 2 kali lebih banyak dibanding tahun 1976, dilansir oleh BBC.com.

Makin banyaknya kasus wabah ebola di Afrika Barat di tahun 2014 menimbulkan kecemasan dunia. Virus ebola menyerang sistem pertahanan tubuh yang sama dengan virus HIV. Gejala awal yang mirip gejala flu seperti demam tinggi, tubuh lemas, nyeri otot dan sakit kepala membuat penderita ebola sudah dalam kondisi mengkhawatirkan ketika dibawa ke rumah sakit.

Virus Yang Sangat Mematikan
Yang membuat virus ebola sangat menakutkan adalah kemampuannya berkembang biak. Virus ini dapat menggumpalkan sel darah, sehingga menghambat aliran darah menuju organ lain. Jika organ tubuh kekurangan darah, maka organ akan rusak. Setelah menyerang darah, virus ebola juga menyerang organ lain, seperti ginjal, otak, usus, hati dan sebagainya. Seringkali pasien ebola meninggal karena gagal ginjal.

Penularan Sangat Cepat
Penularan virus ebola dapat terjadi dari kontak cairan tubuh, darah, dan semua benda yang pernah dipakai penderita. Karena itulah, pasien ebola akan diisolasi dan dipakaikan baju khusus agar tidak terjadi kontak langsung dengan orang lain. Tim medis yang menangani juga harus memakai pakaian khusus yang sangat tertutup rapat untuk menghindari penyebaran virus. Saat ini, seorang warga Amerika Serikat sudah terjangkit ebola. Kementrian Kesehatan Indonesia sendiri sudah mengeluarkan travel warning bagi warga yang akan mengunjungi negara Guinea, Sierra dan Liberia.

Cara pencegahan terhadap virus ebola adalah dengan menjaga kebersihan dan tidak melakukan kontak langsung dengan penderita. Semoga saja segera ditemukan vaksin dan obat agar jumlah korban meninggal semakin berkurang.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here