RANCAH POST – Luis Suarez yang merupakan penyerang anyar Barcelona resmi akan pakai nomor sembilan untuk musim 2014-2015. Pemain asal Uruguay itu memakai nomor yang pada sebelumnya dikenakan Alexis Sanchez, sebelum Sanchez memilih hengkang ke Arsenal untuk musim depan.

Nomor punggung sembilan juga pernah dikenalan Bojan Krkic, Zlatan Ibrahimovic, Samuel Eto’o, Patrick Kluivert, Anderson, Ronaldo dan Kodro.

Suarez diboyong Barca dari Liverpool setelah kedua kubu mencapai kesepakatan. Suarez dijadwalkan pergi ke Barcelona pada pekan depan guna menjalani tes medis, menandatangani kontrak lima tahun, dan akan secara resmi diperkenalkan kepada media dan suporter sebagai pemain El Barca.

Suarez pun menjadi penyerang tengah ke-18 yang didatangkan Barca. Contoh paling anyar adalah David Villa yang didatangkan dari Valencia pada 2010, meskipun dia biasanya bermain melebar selama tiga musim di Camp Nou.

Sejak 1993, Barca telah menjadi rumah bagi penyerang-penyerang dunia. Mulai dari Romario yang didatangkan dari PSV Eindhoven, dan Ronaldo tiga tahun kemudian.

Penyerang tengah kelas dunia lainnya adalah Kluivert (1998-2004). Henry yang juga bermain di sayap kiri (2007-2010). dan Ibrahimovic (2009-2010).

Ada juga super-subs, semacam Pizzi (1996-1998) dan Larsson (2004-2006), yang keduanya memenangkan hati Barca. Sama halnya dengan Samuel Eto’o, salah satu pencetak gol terbanyak ElĀ  Barca. Sony Anderson dan Javier Saviola juga berhasil mencapai keinginannya di Barca. Sementara ada juga pemain yang tidak memberikan kontribusi baik seperti Kodro, Dani, Alfionso, Maxi Lopez, dan Gudjohnsen.

Luis Suarez menjadi pemain ketujuh asal Amerika Selatan yang dimiliki Barca dalam dua dekade terakhir. Dia mengikuti jejak Romario, Ronaldo, Pizzi, Anderson, Saviola, dan Maxi Lopez.

Share.

Leave A Reply