23.4 C
Ciamis
BerandaRacingFormula 1Hasil F1 GP Inggris, Lewis Hamilton Rajai Silverstone

Hasil F1 GP Inggris, Lewis Hamilton Rajai Silverstone

RANCAH POSTLewis Hamilton berhasil mengakhiri catatan negatif di dua seri terakhir Formula 1 2014 setelah keluar sebagai yang tercepat di F1 GP Inggris 2014. Jalannya balapan diwarnai dengan sebuah insiden yang melibatkan Kimi Raikkonen dan Felipe Massa di lap pembuka dan membuat race di hentikan sementara.

Valtteri Bottas menjadi wakil Williams di podium setelah dirinya tampil gemilang dan  finis di tempat kedua, disusul oleh driver Red Bull, Daniel Ricciardo yang hanya terpaut tipis dari Jenson Button di tempat keempat.

Sementara itu, nasib sial harus diterima Nico Rosberg. Pemuncak kelasemen itu harus merelakan Hamilton menjadi penguasa Silverstone setelah mobil W05 miliknya mengalami masalah pada gearbox. Ini adalah kali pertama bagi Rosberg gagal finis di musim ini.

Race di sirkuit Silverstone nampaknya akan menjadi panjang setelah di lap pertama, sebuah kecelakan hebat menimpa pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Tepatnya saat Kimi hendak menaklukkan tikungan ketiga, mobil F14 T miliknya terpental dan menabrak pembatas.

Bahkan driver asal Finlandia itu terlihat kesakitan saat keluar dari mobil. Alhasil, Raikkonen pun langsung dilarikan ke pusat medis. Kabarnya ia mengalami cedera angkel dan lutut. Kimi tak sendiri, Felipe Massa juga terjebak dan harus mengakhiri balapan lebih awal.

Balapan pun harus diulang dan menunggu petugas sirkuit untuk memperbaiki pembatas sirkuit yang rusak akibat insiden tadi. Ini adalah bendera merah pertama yang berkibar saat balapan baru berjalan satu lap sejak Monaco tahun 2000.

Safety car keluar dan sebagai tanda race akan kembali dilanjutkan. Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel mengganti ban dan kini menggunakan jenis ban keras. Rosberg menempati urutan terdepan, disusul Jenson Button dari McLaren dan Lewis Hamilton di urutan ketiga.

Di lap keempat, Hamilton menunjukkan tajinya dengan menyalip rekan satu negaranya, Button dan membuat fans yang hadir bersorak. Kini duo Mercedes kembali berada di posisi satu dan dua.

Hingga lap kesepuluh, Rosberg masih memimpin balapan. Pembalap asal Jerman tersebut terus tampil dominan di depan dengan mengungguli Hamilton, Button, Kevin Magnussen dan Sebastian Vettel di posisi lima besar.

Sementara itu nasib sial didapat pembalap Ferrari yang tersisa, Fernando Alonso harus terkena penalti selama lima detik akibat kedapatan memulai balapan dari grid atau tempat yang salah. Diyakini Alonso mengambil tempat start milik pembalap Force India, Nico Hulkenberg.

Lap ke-17 menjadi yang tercepat bagi Hamilton, pembalap tuan rumah itu sukses mencatatkan memperbaiki catatan waktunya dengan 1 menit 38,554 detik. Bersamaan dengan itu, ia pun memangkas jarak dengan Rosberg yang berjarak tiga detik di depannya.

Nico Rosberg coba mengganti komposisi ban pada lap 28, ia mengganti ban medium dengan ban keras. Keluar dari pit stop, Rosberg masih memimpin jalannya perlombaan dan terus mencoba untuk memperlebar jarak dengan Hamilton.

Sayang upaya kerasnya harus dibayar mahal, Rosberg mengalami masalah pada gear mobil membuat dirinya harus mengurangi kecepatan dan menepi di pinggir sirkuit. Dengan terjadinya insiden ini, Hamilton mengambil alih posisi terdepan disusul oleh Valtteri Bottas, Vettel, Ricciardo, dan Button di posisi lima besar.

Ini adalah pertama kalinya bagi Rosberg tidak dapat menyelesaikan balapan musim 2014. Bila Hamilton dapat menjaga keunggulannya sebagai yang terdepan hingga akhir lomba, maka The Boss akan memangkas jarak 25 poin dari Rosberg dan hanya terpaut empat poin dari rekan satu timnya itu.

Jarak begitu lebar pun terlihat saat memasuki lap 34, di mana Hamilton unggul hingga 42 detik dari Bottas yang berada di posisi kedua, disusul oleh Ricciardo, Button, dan Vettel.

Sempat terkena penalti tak membuat semangat Alonso pudar, juara dunia dua kali tersebut kembali masuk ke posisi lima besar di lap 38. Pria Spanyol tersebut berhasil mengambil keuntungan dengan menyalip Vettel di sebuah tikungan cepat.

Hamilton pun makin nyaman di posisi terdepan dengan keunggulan 46 detik dari pembalap Williams di belakangnya, yaitu Bottas. Lupakan Hamilton yang telah nyaman di depan. Pertempuran hebat terjadi antara dua juara dunia, Alonso dan Vettel. Nampaknya Vettel masih ‘gregetan’ dengan strategi agresif Alonso saat jagoan Ferrari tersebut menyalip di lap ke 38.

Melalui komunikasi radio dengan tim, Vettel berkata “Dia (Alonso) tidak memberikan jalan kepada saya!,”. Sementara itu, Button masih menginginkan posisi podium di sembilan lap yang tersisa dengan memangkas jarak dari Ricciardo menjadi 7,6 detik dan tampaknya akan sulit bagi Button untuk mengambil alih posisi Ricci.

Ricciardo pun terlihat masih nyaman dan tak ada masalah dengan usia ban yang ia gunakan. Pemuda Australia tersebut melakukan pekerjaannya dengan baik dengan menjaga konsistensi laju mobil RB10 miliknya.

Lima lap menjelang garis finis, pertempuran Alonso – Vettel kembali tersaji di pengujung lap. Kali ini juara dunia empat kali berhasil mendapatkan kembali posisi kelima dari Alonso setelah adu cepat di trek lurus. Melihat aksi Vettel tim paddock Red Bull pun berteriak, “Anda berhasil melakukannya, Anda berhasil melakukannya!”

Alonso pun tampaknya belum puas dan mencoba untuk kembali mendekat dengan sang rival di sisa lap yang ada dan berkata kepada tim paddock, “Saya harus mendapatkan posisi tadi kembali, segera!”.

Sementara itu, memiliki masa ban yang lebih bagus dari Ricciardo, Jenson Button kian mendekat dan kini hanya berjarak empat detik di tiga lap terakhir.

Hamilton pun dengan mobil W05 miliknya telah melintasi garis finis dan keluar sebagai pemenang di Grand Prix (GP) Inggris 2014, ia pun mengucapkan terimakasih kepada tim melalui komunikasi radio.

Pembalap Williams, Valtteri Bottas menyusul di posisi kedua dan Daniel Ricciardo kembali mencetak hasil podium musim ini.

Jenson Button berada di tempat keempat. Sementara itu, posisi lima hingga ketujuh ditempati oleh Vettel, Alonso, Magnussen, dan Nico Hulkenberg. Daniil Kvyat dan Jean-Eric Vergne menutup posisi sepuluh besar.

Dengan kemenangan ini, Hamilton kini hanya terpaut empat poin dari Rosberg yang berada di puncak kelasemen.

Hasil Lengkap F1 GP Inggris 2014
1. Lewis Hamilton Inggris Mercedes-Mercedes 2hr 26menit 52.094detik 52 laps
2. Valtteri Bottas Finlandia Williams-Mercedes +00m 30.1d
3. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 46.4d
4. Jenson Button Inggris McLaren-Mercedes +00m 47.3d
5. Sebastian Vettel Jerman Red Bull-Renault +00m 53.8d
6. Fernando Alonso Spanyol Ferrari-Ferrari +00m 59.9d
7. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +01m 02.5d
8. Nico Hulkenberg Jerman Force India-Mercedes +01m 28.6sd
9. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +01m 29.3d
10. Jean-Eric Vergne Prancis Toro Rosso-Renault +1 lap
11. Sergio Perez Meksiko Force India-Mercedes +1 lap
12. Romain Grosjean Prancis Lotus-Renault +1 lap
13. Adrian Sutil Jerman Sauber-Ferrari +1 lap
14. Jules Bianchi Prancis Marussia-Ferrari +1 laps
15. Kamui Kobayashi Jepang Caterham-Renault +2 laps
16. Max Chilton Inggris Marussia-Ferrari +2 laps
17. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +3 laps
Rtd. Nico Rosberg Jerman Mercedes-Mercedes
Rtd. Marcus Ericsson Swedia Caterham-Renault
Rtd. Esteban Gutierrez Meksiko Sauber-Ferrari
Rtd. Felipe Massa Brasil Williams-Mercedes
Rtd. Kimi Raikkonen Finlandia Ferrari-Ferrari

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here