RANCAH POSTSusie Wolff yang akan jadi pilot wanita pertama, yang akan ikut ambil bagian dalam sesi latihan resmi F1 GP Inggris, Jumat mendatang. So far, istri dari bos Mercedes, Toto Wolff itu sudah melalui serangkaian tes bersama Williams untuk mendapatkan super-lisensi dari FIA.

Terakhir kali terlihat paras ayu pembalap wanita di kancah resmi F1 terjadi pada F1 GP Brasil 1992 silam dengan mencatatkan nama Giovanna Amati yang turun di sesi kualifikasi, walau akhirnya tetap gagal tampil di sesi race.

Beberapa srikandi balap lain macam Sarah Fisher, Katherine Legge dan (mendiang) Maria de Villota pernah mencoba peruntungannya di F1. Fisher pernah mentas di show run bersama McLaren di Indianapolis 2002 silam.

Sementara Legge pernah menjalani tes bersama Minardi 2005 dan De Villota, pernah jadi pembalap tes Lotus dan Marussia, 2011 dan 2012 lalu. Nahasnya, De Villota meregang nyawa Oktober tahun lalu.

Untuk sementara ini, belum ada konfirmasi apakah Williams akan menurunkan tiga pembalapnya di sesi tes, atau Wolff bakal menggantikan salah satu dari Felipe Massa atau Valtteri Bottas di sesi latihan Jumat Silverstone nanti.

Yang pasti, tak hanya sekali ini Wolff  akan tampil di event resmi F1 musim ini. Wolff juga dijadwalkan akan kembali memiloti mobil FW36 pada sesi latihan GP Jerman di Hockenheimring, tiga pekan ke depan.

Share.

Leave A Reply