RANCAH POST – Dwikorita Karnawati, sosok perempuan Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) ini telah ditetapkan sebagai moderator debat keempat kandidat Pilpres 2014 yang akan diikuti calon wakil presiden yang akan diselenggarakan pada Minggu (29/6/2014) mendatang.

“Seorang perempuan. Dia wakil rektor dari UGM, namanya Dwikorita Karnawati. Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni dari UGM,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis, Rabu (25/6/2014).

Hadar juga mengatakan Dwikorita terpilih dari 7 calon moderator debat yang telah diseleksi. Nama Dwikorita Karnawati telah disepakati masing-masing tim pasangan calon presiden dan wakil presiden pada rapat KPU, Rabu kemarin.

“Kami sudah mengumpulkan tujuh nama perempuan yang sudah kami kirimkan ke mereka (tim pasangan calon). Mereka pilih empat dan itu irisannya itu Dwikorita ini,” kata Hadar.

Ia juga mengharapkan performa Dwikorita akan secemerlang moderator tiga debat sebelumnya, yakni Zainal Arifin Mochtar, Ahmad Erani Yustika, dan Hikmahanto Juwana.

Sebelum Dwikorita terpilih, KPU telah menetapkan tujuh nama calon sebagai moderator debat capres 2014 untuk bidang SDM dan IPTEK. Ketujuh orang itu adalah Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati, pakar iptek dari Institut Teknologi Bandung, Megawati Santoso, Guru Besar dari Universitas Padjadjaran Ira Irawati, Direktur EXPERD (kantor konsultasi SDM) Eileen Rachman, Guru Besar Teknik Komputer di Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) Riri Fitri Sari, dosen Psikologi UI, Corrina DS Riantoputra dan Dwikorita.

Sigit Pamungkas yang juga sebagai Komisioner KPU mengatakan kepada para calon yang tidak terpilih mennjadi nominasi akan diikutsertakan sebagai tim ahli penyusun materi dan pertanyaan debat capres 2014 putaran ke empat bersama moderator. Tema yang akan diusung pada debat capres berikutnya bertajuk “Pengembangan SDM dan IPTEK”. Debat ini akan diikuti oleh para calon wakil presiden (cawapres) yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Debat akan dihelat di Hotel Bidakara, Kuningan, Jakarta Selatan.

Share.

Leave A Reply