RANCAH POST – Rafael Marquez sukses menjadi inspirator untuk mengantarkan Meksiko meraih kemenangan atas kroasia dengan skor 3-1 pada laga grup A Piala Dunia 2014 di Estadio Pernambuco, Selasa (24/6/2014). Aksi Marquez mengantarkan Meksiko sebagai runner up grup A.

Laga nyaris berakhir imbang tanpa gol, apalagi wasit tidak mengindahkan handball Darijo Srna pada menit ke-64 ketika mengeblok tendangan voli Andres Guardado. Namun demikian, Rafael Marquez memecah kebuntuan Meksiko pada menit ke-72.

Gol Marquez tercipta melalui sundulan usai memanfaatkan tendangan penjuru Hector Herrera. Mantan bek Barcelona itu sukses memenangi duel di udara dengan Vedra Corluka.

Tiga menit berselang El Tri menggandakan keunggulan melalui Andres Guardado. Gol ini diawali kerja sama apik antara Javier Hernandez dan Oribe Peralta.

Menerima umpan Hernandez di sisi kanan, Peralta kemudian melepaskan umpan tarik datar. Guadrado yang tidak terkawal langsung menyambar bola dengan tendangan kaki kiri. Stipe Pletikosa yang sudah berusaha menjangkau hanya mampu menyentuh bola dengan ujung jarinya.

Rafael Marquez kemudian menjadi otak atas terciptanya gol Javier Hernandez pada menit ke-82. Menyambut tendangan penjuru dari kanan, Marquez yang berada di mulut gawang tidak menyundul bola ke arah gawang. Marquez justru melepaskan sundulan ke belakang.

Ivan Perisic memperkecil kedudukan lima menit berselang melalui tendangan dari sudut sempit. Namun demikian, gol itu terlalu telat untuk menjegal langkah Meksiko ke babak 16 besar.

Atas kemenangan ini Meksiko berhak mendampingi Brasil ke babak 16 besar. Namun demikian, Meksiko harus puas menjadi runner up meski perolehan angka mereka sama dengan Brasil, yaitu tujuh. El Tri kalah selisih gol dari Brasil sehingga harus menghadapi juara grup B, Belanda.

Share.

Leave A Reply