RANCAH POST – Guillermo Ochoa yang merupakan kiper Timnas Meksiko patut disebut man of the match pada laga Grup A Piala Dunia 2014 antara Brazil vs Meksiko, di Estadio Castelao, Fortaleza, Selasa (17/6/2014). Ochoa sukses menggagalkan semua peluang emas Brazil, sehingga pertandingan berakhir 0-0.

Hasil tersebut membuat Brazil masih memuncaki Grup A dengan empat poin. Meksiko juga memiliki poin empat, tetapi duduk di tempat kedua karena kalah selisih gol.

Turun dengan starter seperti pada laga melawan Kroasia, Brazil langsung menekan sejak menit pertama pertandingan. Meksiko terlihat lebih sabar menghadapi tekanan Brazil dan menunggu kesempatan melakukan serangan balik.

Peluang pertama Brazil hadir pada menit ke-14. Akan tetapi, sepakan Paulinho masih gagal menemui sasaran setelah tembakannya menyamping.

Meksiko membalas peluang Brasil lewat aksi Hector Herrera pada menit ke-24. Sepakan keras Herrera dari luar kotak penalti mampu ditepis Julio Cesar. Akan tetapi, wasit tidak melihat bola mengenai tangan Cesar dan menganggap tendangan gawang untuk Brazil.

Pada menit ke-26, penampilan gemilang kiper Guillermo Ochoa menggagalkan peluang emas Neymar. Menerima umpan silang Dani Alves, Neymar menyambutnya dengan sundulan terarah ke pojok gawang Meksiko. Namun, Ochoa melakukan geak refleks mengagumkan untuk menepis bola menjauhi gawangnya.

Lima menit jelang babak pertama berakhir, Meksiko mendapatkan peluang kedua untuk mencetak gol. Percobaan Jose Juan Vazquez dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis dari gawang Brazil.

Pada menit ke-42, Ochoa kembali menunjukkan kualitasnya. Tendangan Paulinho dari jarak dekat, masih mampu diblok kiper yang bermain untuk Ajaccio itu. Gawang Meksiko kembali selamat. Hingga babak pertama usai, skor masih imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pelatih Luiz Felipe Scolari melakukan pergantian pemain. Ramires ditarik keluar dan diganti gelandang serang belia, Bernard.

Pada babak kedua, Braail kembali masih mendominasi pertandingan. Namun, Meksiko mampu memberikan perlawanan ketat lewat serangan balik cepat yang dikomandoi Herrera, Guardado, dan Giovani dos Santos.

Brazil nyaris membuka keunggulan melalui kaki Neymar pada menit ke-62. Sayangnya, tendangan bebas Neymar hanya tipis menyamping dari gawang Ochoa.

Ochoa lagi-lagi menjadi mimpi buruk Brasil, khusunya Neymar. Kiper Meksiko itu menggagalkan peluang Neymar mencetak gol pada menit ke-68. Tembakan kaki kiri Neymar dari jarak dekat masih bisa diselamatkan Ochoa dengan pahanya.

Pendukung Meksiko pantas berterima kasih kepada Ochoa. Pada menit ke-86, umpan tendangan bebas Neymar mengarah tepat kepada Thiago Silva. Tanpa kawalan, Silva melepaskan sundulan keras ke gawang Meksiko. Akan tetapi, Ochoa melakukan gerak refleks untuk membuang kesempatan Brazil itu.

Jelang pertandingan berakhir, Meksiko melancarkan serangan yang membuahkan dua peluang, masing-masing dari Guardado dan Raul Jimenez, tetapi gagal memaksimalkannya.

Susunan pemain
Brazil: 12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 8-Paulinho, 10-Neymar, 11-Oscar (19-Willian 84), 16-Ramires (20-Bernard 46), 17-Luis Gustavo; 9 Fred (21-Jo 68)

Pelatih: Luis Felipe Scolari

Meksiko: 13-Guillermo Ochoa; 2-Francisco Rodríguez, 4-Rafael Márquez, 7-Miguel Layún, 15-Hector Moreno, 22-Paul Aguilar; 6-Héctor Herrera (8-Marco Fabian 76), 18-Andrés Guardado, 23-José Vázquez; 10-Giovani Dos Santos (9-Raul Jimenez 84), 19-Oribe Peralta (14-Javier “Chicharito” Hernandez 74)

Pelatih: Miguel Herrera

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)Ajaccio

Share.

Leave A Reply