Connect with us

Macam-Macam Jerawat Yang Sering Hinggap Diwajah Anda

jerawat

Kecantikan

Macam-Macam Jerawat Yang Sering Hinggap Diwajah Anda

rancahpost.co.id – Dua orang ahli dermatologi yaitu Dr Katie Rodan dan Kathye Fields sudah lama menangani pasien dengan keluhan masalah jerawat. Ternyata masalah jerawat bisa saja tak kunjung sembuh akibat salah penanganannya.

Berbeda jenis jerawat, berbeda pulalah cara perawatan dan obat yang harus dipakai. Semua tak bisa disamaratakan karena penyebab dan perlakuannya juga harus berbeda.

Menurut dokter Katie, jerawat secara umum dibagi menjadi dua jenis:

Jerawat yang tidak menyebabkan peradangan: komedo hitam dan komedo putih
Baik komedo hitam maupun komedo putih sebenarnya adalah jenis jerawat yang terdiri dari minyak, sel-sel kulit mati, debu dan kotoran yang tersimpan di dalam pori-pori. Tidak menyebabkan peradangan maupun kemerahan.

Komedo hitam
Jika pori-pori Anda membesar, kemudian ada titik-titik hitam di sana, inilah komedo yang disebabkan oleh kotoran yang terperangkap. Meskipun Anda berpikir ia mudah dibersihkan, namun sebenarnya mereka tinggal di dalam pori-pori dan scrub saja tak cukup membantu mengangkatnya.

Komedo putih
Komedo putih adalah jenis komedo tertutup yang tinggal di balik lapisan pori. Cara mengatasinya adalah menjaga keseimbangan minyak pada kulit.

Jerawat yang menyebabkan peradangan
Peradangan jerawat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespon bakteri dan minyak yang terperangkap di dalam folikel rambut. Tingkat peradangan umumnya ditunjukkan dengan ukuran, kemerahan dan rasa nyerinya.

Berdasarkan tingkat peradangannya, jerawat jenis ini dibagi lagi menjadi tiga:

Papula
Jenis jerawat dengan ukuran kecil, berwarna merah muda dan kemerahan. Benjolannya berbentuk kubah dan seringkali nyeri ketika disentuh.

Pustula
Jenis jerawat yang memiliki mata berwarna kuning atau putih dengan dasar kemerahan. Pistula ini menangkap banyak minyak dan bakteri di dalam pori-pori, kemudian sel-sel darah putih terkumpul untuk melawan infeksi. Semakin besar peradangannya, semakin merah warnanya, dan akan semakin nyeri rasanya.

Nodul
Adalah jenis jerawat besar dan padat, yang paling menyakitkan rasanya. Di dalamnya terdapat cairan yang terdiri dari sel-sel darah merah, sel darah putih, minyak dan bakteri. Pengobatannya bisa berbulan-bulan dan meninggalkan luka permanen.

Untuk jenis jerawat meradang lebih baik jangan ditangani sendiri dengan obat yang dijual bebas di pasaran. Lebih baik konsultasikan ke dokter sehingga segera mendapatkan penanganan yang terbaik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kecantikan

Advertisement
To Top