RANCAH POST – Ketika kita masih mempunyai kosmetik yang isinya masih banyak pasti tidak rela untuk membuangnya, tapi jika kosmetik kadaluarsa, bagaimana? apakah anda akan memakainya lagi?, tentu tidak. Hendaknya tidak dipakai lagi, Penelitian mengatakan bahwa kosmetik kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi, infeksi dan aneka penyakit lainnya.

Inilah efek bila Anda menggunakan makeup kadaluarsa:

Lipstik kadaluarsa
Masih terobesesi dengan warna lipstik favorit yang ternyata sudah kadaluarsa itu? Lipstik terbuat dari lilin yang dipadatkan, ia akan menangkap banyak bakteri yang bisa melompat ke dalam rongga mulut dan menyebabkan penyakit. Dr. Debra Luftman bahkan mengatakan bila lipstik bisa menularkan herpes dan dermatitis.

Lipgloss kadaluarsa
Sama halnya seperti lipstik, lipgloss bisa memindahkan bakteri dari lipgloss ke rongga mulut dan menyebabkan iritasi hingga infeksi yang serius.

Maskara kadaluarsa
Maskara yang lembab dan gelap adalah surga kuman. Mengaplikasikan maskara yang kadaluarsa akan membawa kontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan blepharitis dan konjungtivitis.

Blush on kadaluarsa
Entah itu bentuknya krim atau tabur, blush on juga menjadi sarang kuman apalagi jika Anda jarang mencuci kuas blush on.

Foundation kadaluarsa
Infeksi kulit, selulitis, iritasi, bisa saja menyerang kulit bila foundation yang Anda gunakan adalah kadaluarsa.

Eyeliner kadaluarsa
Apapun bentuknya, eyeliner kadaluarsa sebaiknya tak boleh dipakai karena sama seperti maskara yang dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata.

Agar makeup Anda tidak sampai ditinggalkan kadaluarsa, beli kemasan kecil bila tak sering dipakai dan hindari menimbun terlalu banyak makeup yang pada akhirnya tidak akan dipakai.

Share.

Leave A Reply