RANCAH POST – Alami rasa sakit pada saat menstruasi mungkin sudah biasa. Tapi, terkadang rasa nyeri dengan rasa sakit yang tertahankan. Maka ikuti cara mengurangi rasa nyeri saat menstruasi di bawah ini.

Rasa nyeri yang muncul saat menstruasi disebut dengan dysmenorrhea. Prostaglandin yang keluar saat menstruasi dan melampaui kemampuan Anda yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Anda dapat mengatasi dan mengurangi rasa nyeri tersebut dengan cara berikut:

Non Obat
Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, ada kalanya Anda mencoba yang non-obat yang lebih aman. Salah satunya dengan olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri. Olahraga mampu melancarkan peredaran darah ke organ rahim sehingga gangguan aliran darah yang disebabkan prostaglandin dapat dikurangi. Selain olahraga, istirahat yang cukup juga penting guna menjaga aliran darah Anda.

Menggunakan Obat
Beberapa wanita kadang memilih untuk mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul. Pemberian obat penekan rasa nyeri golongan NSIOs (seperti Ibuprofen, Aspirin, Paracetamol, Asam Mefenamat, dll) dirasa cukup untuk mengatasi Dysmenorrhea. Mengonsumsi 2-3 tablet tersebut dalam sehari masih dikatakan dalam dosis yang wajar.

Namun, ada juga yang mengombinasikan obat dengan pil kontrasepsi. Hal tersebut dapat dipertimbangkan sejauh telah melakukan konsultasi dengan dokter. Tetapi jika Anda memiliki masalah dengan lambung, alergi terhadap salah satu golongan NSIDs, dan BAB (Buang Air Besar) kehitaman setelah mengonsumsi NSIDs. Sangat disarankan agar Anda menghentikan penggunaan obat yang Anda konsumsi.

Share.

Leave A Reply