RANCAH POST – Lewis Hamilton sukses cetak hattrick kemenangan di tiga seri Formula 1 (F1)  berturut-turut. Tampil mendominasi dari awal perlombaan seri GP China dan terlihat menikmati posisi teratas. Pencapaian ini sekaligus mencetak sebuah rekor baru untuk pembalap asal Inggris itu sendiri.

Adalah kali pertamanya ia berhasil menang secara tiga kali berturut-turut. Hamilton langsung tancap gas dan memimpin perlombaan di lap pembuka dan sudah mulai menjauh dari pembalap lainnya. Start hebat juga dilakukan oleh Felipe Massa namun sayang, pembalap Williams tersebut terlibat kontak dengan Fernando Alonso sebelum masuk ke tikungan pertama.

Sebastian Vettel berada di tempat kedua disusul oleh Fernando Alonso yang membuat start bagus dan Daniel Ricciardo di posisi keempat. Setelah terlibat kontak dengan Alonso, Massa berada di tempat kelima.

Nico Rosberg terlempar ke posisi tujuh akibat mengalami kontak dengan Kevin Magnussen tepat sebelum masuk tikungan pertama. Namun berhasil menyalip Nico Hulkenberg pada lap selanjutnya.

Hingga memasuki penghujung lap 9 Hamilton masih memimpin dengan jarak 8,5 detik di depan Vettel. Sebuah insiden terjadi di lap 11 ketika Massa masuk pit namun entah apa yang terjadi mantan pembalap Ferrari tersebut mengalami gangguan pada pemasangan ban medium, untungnya masalah tersebut bisa teratasi dan harus berada di urutan buncit.

Strategi yang di usung Ferrari berjalan sukses, setelah masuk Alonso masuk pit pada lap 12 yang kemudian disusul oleh Vettel di lap 13. Masuknya Vettel ke pit otomatis membuat Alonso berada di tempat kedua menggantikannya sementara itu Hamilton berjarak 30 detik di depan juara dunia dua kali.

Tim Red Bull kembali memberikan team orders kepada juara dunia empat kali di lap 25 untuk memberikan Ricciardo jalan, namun Seb tidak langsung memberikan jalan. Beberapa kali Ricci coba memberikan tekanan kepada Seb dan pada akhirnya ia diberikan jalan oleh Vettel di lap 26.

Sementara itu Hamilton sudah unggul 10,9 detik dibelakang Alonso, sedangkan Rosberg hanya terpaut 4,7 detik dari driver asal Spanyol. Pada lap 30 jarak antara Rosberg dengan Alonso terpangkas menjadi 3,0 detik dan driver Jerman tersebut kembali mendekat dengan hanya terpaut 1,2 detik dan akan bersiap untuk menyerang posisi rekan satu tim Kimi Raikkonen. Namun Alonso keburu kembali masuk ke pit.

Pada lap 37 kembali terjadi perubahan di tempat lima besar. Dimana Rosberg berada di posis kedua berjarak 18,9 detik dari Hamilton dan berjarak 7,5 detik didepan Ricciardo. Alonso berada di tempat ketiga karena masuk pit untuk kedua kalinya.

Masuk pada lap 46 dimana perlombaan hanya menyisakan 10 lap dengan Hamilton masih mendominasi dengan keunggulan 14.8 detik dari Rosberg disusul oleh Alonso di tempat ketiga, Ricciardo di tempat keempat dan Vettel berada di tempat kelima

Dua lap terakhir pun tak ada bedanya Hamilton terus perkasa di depan bahkan ia memperlebar jarak dari Rosberg dengan unggul 17 detik. Alonso masih di tempat yang sama berjarak 3,7 detik dari Ricciardo sementara itu Vettel semakin tertinggal dengan terpaut 20 detik dari rekan satu timnya.

Hamilton menutup balapan dengan keunggulan 18,6 detik dari Rosberg disusul Alonso di tempat ketiga, duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel berada di tempat ketiga dan empat. Nico Hulkenberg harus puas di posisi enam, Valterri Bottas, Kimi Raikkonen, Sergio Perez masing-masing berada di tempat ketujuh, delapan dan sembilan. Pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat menutup posisi sepuluh besar.

Hasil GP China 2014
1. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes 56 laps 1hr 35m 09.751s
2. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 18.6s
3. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 25.6s
4. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 26.8s
5. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault +00m 50.5s
6. Nico Hulkenberg Germany Force India-Mercedes +00m 57.0s
7. Valtteri Bottas Finland Williams-Mercedes +00m 57.5s
8. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari +01m 23.3s
9. Sergio Perez Mexico Force India-Mercedes +01m 25.7s
10. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +1 lap
11. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +1 lap
12. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +1 lap
14. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +1 lap
15. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes +1 lap
16. Esteban Gutierrez Mexico Sauber-Ferrari +1 lap
17. Kamui Kobayashi Japan Caterham-Renault +1 lap
18. Jules Bianchi France Marussia-Ferrari +1 lap
19. Max Chilton Briton Marussia-Ferrari +2 laps
20. Marcus Ericsson Sweden Caterham-Renault +2 laps

Share.

Leave A Reply