Sabtu, 31 Oktober 2020
Beranda Racing Berita MotoGP Jelang MotoGP 2014, Yamaha Tech 3 Optimis Dapat Gearbox Baru

Jelang MotoGP 2014, Yamaha Tech 3 Optimis Dapat Gearbox Baru

RancahPost.c0m – Jelang MotoGP 2014, Yamaha Tech 3 yakin akan dapat perlakuan yang sama dengan tim pabrikan. Hal ini merujuk pada penggunaan gearbox baru yang dikenal dengan sebutan Seamless shift gearbox.

Dua pembalap Yamaha Tech 3, Pol Espargaro dan Bradley Smith diketahui masih menggunakan gearbox lama pada sesi tes pramusim di Sepang, awal bulan ini. Hasilnya, mereka tidak bisa bersaing. Smith hanya menempati urutan delapan, sementara rookie, Pol Espargaro ada di urutan sembilan catatan waktu terbaik.

Sementara itu, dua pembalap tim pabrikan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sudah menggunakan gearbox anyar tersebut sejak musim lalu, tepatnya di seri Misano, akhir September 2013.

Gearbox baru ini memang punya banyak kelebihan. Diantaranya adalah membuat pergantian persneling menjadi lebih halus, dan para pembalap juga tidak harus menekan kopling saat menurunkan gigi (persneling).

Dengan segala keuntungan yang ditawarkan gearbox baru ini, kubu Tech melalui sang bos, Herve Poncharal berharap timnya akan mendapat pasokan gearbox baru tersebut saat melakoni sesi uji coba pra musim kedua di Sepang yang akan dimulai pada 26 Februari 2014.

Jika pun gagal mendapatkan dan mencoba gearbox baru itu di Sepang, Poncharal masih yakin, Yamaha akan memberikannya pada seri pembuka MotoGP 2014, yakni balapan malam di Doha, Qatar, 23 Maret 2014.

Sebagaimana dikutip MCN, Senin (24/2/2014). “Sejak pertama kali melihat seamless gearbox digunakan tim pabrikan di Misano, kami melihat betapa bagusnya itu untuk balapan dan memperbaiki catatan waktu. Mekanik kami menekankan agar kami juga mendapatkan itu. Tapi, jelas kami tidak punya peluang mendapatkan itu pada 2013,” ujar Poncharal.

“Di Valencia (seri pamungkas), kami mengadakan pembicaraan dengan manajemen Yamaha dan hasilnya cukup positif. Saya meminta awak tim untuk menunggu hingga sesi uji coba di Sepang, tapi saya yakin kami pasti akan mendapat pasokan gearbox baru itu untuk musim depan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan