Ternyata Sinar Matahari Mampu Mencegah Hipertensi dan Stroke

sinar matahari
sinar matahari

RANCAH POST – Banyak sekali manfaat dari sinar matahari, Tidak hanya menguatkan tulang, sinar matahari membantu mengurangi hipertensi, serangan jantung dan stroke.

Peneliti Inggris menemukan, paparan sinar matahari mengubah tingkat oksida nitrat dalam kulit dan melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi hipertensi. Selasa (21/01/2014).

“Jumlah sedikit nitric Oxide (NO) ditransfer dari kulit ke sirkulasi darah menurunkan tekanan pembuluh darah. Sehingga tekanan darah menurun, demikian juga risiko serangan jantung dan stroke,” kata Martin Feelisch, profesor kedokteran eksperimental di Universitas Southampton di Inggris Selatan.

Sebanyak 24 relawan menjalani penelitian. Mereka terkena paparan sinar ultraviolet dari lampu pewarnaan kulit selama 20 menit.

Sesi pertama, mereka terpapar sinar dan panas dari lampu. Sementara sesi kedua, mereka terpapar panas dan sinar UV terblokir.

Hasil menemukan, tekanan darah dan penyakit jantung atau kardiovaskular sangar bervariasi tergantung musim. Level tinggi penyakit tersebut terdapat saat musim dingin dan negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa, yaitu sinar ultraviolet dari matahari sangat rendah.

“Menghindari sinar matahari memang penting untuk mencegah kanker kulit, tapi bukan berarti tidak terkena sama sekali karena ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata Prof Feelisch.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama