RANCAH POST – Sistem operasi Android 4.4 KitKat akhirnya resmi diluncurkan. OS terbaru ini menghadirkan berbagai peningkatan terbaru dan yang paling penting, dapat diinstal seluruh perangkat berbasis Android.

Android KitKat mampu dijalankan pada perangkat yang memiliki RAM 512MB ke atas. Artinya, berbagai perangkat Android yang tersebar di seluruh dunia memungkinkan untuk diinstalasi.

Sundar Pichai, pimpinan Google Android mengatakan hal ini dikarenakan Android KitKat menggunakan memori RAM 16 persen lebih sedikit dibandingkan Jelly Bean. Selain itu KitKat juga membuat penggunaan piksel jadi 12,9 persen lebih efisien. Demikian sebagaimana RANCAH POST kutip dari CNet, Jumat (1/11/2013).

Keunggulan lain tentu saja fitur perintah suara seperti yang sudah dimiliki oleh Motorola Moto X. Dengan hanya mengatakan kata kunci “Ok Google” atau “Ok Google now”, pengguna bisa mengoperasikan ponsel hanya dengan memerintah lewat suara tanpa menyentuhnya. Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan panggilan telepon, petunjuk arah di Google Maps, pencarian di mesin pencari Google, dan berbagai aplikasi lain.

Fitur lain dari Android KitKat adalah Caller ID. Cara kerja aplikasi ini adalah untuk mendeteksi nomor telepon yang melakukan panggilan ke ponsel pengguna. Misalnya, jika ada panggilan yang masuk ke ponsel pengguna dan bukan dari daftar kontak, Caller ID akan menemukan dari perusahaan mana nomor tersebut berasal. Aplikasi ini akan mencari nomor telepon yang serupa dari beberapa perusahaan yang berada di dekat Anda.

Aplikasi Hangouts terbaru juga ditingkatkan dengan mengumpulkan sumber media komunikasi pengguna seperti SMS, percakapan IM, video call, dan pesan bergambar dalam satu tempat.

Di Android KitKat ini pengguna juga bisa mencetak foto, dokumen, atau laman situs dari ponsel atau tablet berbasis KitKat. Semua printer yang terkoneksi dengan Google Cloud Print bisa melakukannya. Printer HP ePrint dan software printer lain tersedia dalam aplikasi Google Play Store.

Share.

Leave A Reply