RANCAH POST – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan Ketua MK Akil Mochtar negatif menggunakan narkoba. Hal itu diketahui setelah BNN melakukan tes urine dan rambut.

“Hasil dari uji rambut dan urine adalah keduanya negatif,” ujar Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional Kombes Pol Sumirat Dwiyanto dalam keterangan persnya di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2013).

Dikatakan Sumirat, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai barang bukti yang ditemukan di ruang kerja Akil. Hal itu untuk mengungkap kepemilikan narkoba tersebut. BNN juga akan berkoordinasi dengan KPK dan Mabes Polri.

“Kami akan mencari tahu asal-usul barang tersebut, kenapa bisa ada di ruangannya, siapa yang mengantar atau menaruhnya. Jika diperlukan pihaknya akan memeriksa melalui DNA,” paparnya.

Dari hasil pemeriksaan yang menunjukan negatif, BNN akan menyelidiki apakah Akil juga terlibat dalam pengedaran narkoba atau tidak. “Ada kemungkinan barang itu milik siapa, termasuk siapa yang mengedarkan atau dia terlibat peredaran apa tidak,” tegasnya.

Sebelumnya, KPK melakukan penggeledahan di ruang kerja Akil Mochtar pada Jumat 4 Oktober terkait dugaan kasus korupsi yang menimpanya. Dalam penggeledahan itu, KPK menemukan narkoba yang disimpan dalam bungkus rokok.

KPK kemudian menyerahkan narkoba itu kepada petugas keamanan internal MK untuk ditindaklanjuti. Sampai akhirnya, BNN diberi mandat untuk melakukan pemeriksaan terhadap narkoba itu.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, BNN menyatakan narkoba yang ditemukan adalah jenis ganja dan metamphetamin dalam bentuk tablet.

Share.

1 Komentar

Leave A Reply