RANCAH POST – Wikileaks telah menyiapkan sebuah jet pribadi untuk pembocor program intelijen AS, Edward Snowden. Jet pribadi itu akan digunakan Snowden pergi ke Islandia bila permohonan suakanya diterima.

“Pesawatnya sudah siap berangkat secepatnya. Sekarang, kami hanya menunggu izin suaka dari Pemerintah Islandia” ujar Olafur Sigurvinsson, seperti dilansir AFP, Jumat (21/6/2013).

Olafur Sigurvinsson adalah pengusaha asal Islandia pemilik perusahaan Datacell. Perusahaan itu diketahui sebagai rekanan operasional situs Wikileaks.

Wikileaks memang turut membantu Snowden kabur dari kejaran Pemerintah AS. Pendiri Wikileaks, Julian Assange, mengerahkan kuasa hukumnya untuk melancarkan permohonan suaka Snowden ke Islandia.

Snowden menjadi pelarian setelah membongkar program intelijen AS, Prism. Snowden juga mengungkap aksi penyadapan yang dilakukan AS dan Inggris dalam pertemuan G-20.

Edward Snowden awalnya sudah berniat kabur ke Islandia. Namun, keengganan Pemerintah Islandia memberikan suaka membuatnya mengubah tujuan ke Hong Kong.

Share.

Leave A Reply