Format Baru Kualifikasi MotoGP, Rider Beri Tanggapan Positif

format baru kualifikasi motogp
format baru kualifikasi motogp

RANCAH POST – Rider MotoGP menyambut hangat terhadap format baru kualifikasi. Mereka menilai bahwa format yang sekarang memberi kesempatan kepada para pembalap untuk mempelajari sirkuit.

Seperti diketahui, mulai tahun ini 10 pembalap tercepat di latihan pertama, kedua dan ketiga berhak mengikuti sesi kualifikasi 2. Sisanya akan mengikuti sesi kualifikasi 1.

Dua pembalap tercepat di kualifikasi 1 boleh mengikuti sesi kualifikasi kedua. Baik kualifikasi 1 & 2 sama-sama digelar 15 menit.

Ke-12 pembalap di kualifikasi 2 inilah yang akan menentukan posisi teratas. Mengingat kualifikasi berdurasi 60 menit dan kini hanya digunakan selama 30 menit, maka setengah jam sisanya diperuntukkan bagi latihan keempat.

Format ini hanya berlaku di kelas MotoGP. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo—peraih pole position di seri perdana MotoGP Qatar—dan Cal Crutchlow memberi tanggapan positif soal inovasi ini.

Jorge Lorenzo: “Ini berbeda dibanding tahun lalu. Memang berisiko. Tapi saya kira bagus. Anda punya 30 menit untuk mempelajari motor dan kecepatan lomba. Lalu Anda memiliki empat lap untuk menampilkan performa terbaik.”

Valentino Rossi: “Anda harus belajar mengenai lintasan juga strategi agar bisa keluar di waktu yang tepat. Beberapa pembalap keluar sejak awal. Yang lain memilih menunggu. Ketika Anda punya lebih banyak waktu di trek yang lebih pendek, maka itu akan mempermudah. Saat saya kembali ke garasi untuk mengganti ban baru, saya 15 detik di belakang Lorenzo. Dia membalap duluan dan saya masuk baru masuk 15 detik kemudian bersama kelompok pembalap lain. Itulah yang menjadi pembeda di Losail.”

Cal Crutchlow: “Saya tidak keberatan. Itu bagus untuk penonton, fans dan pembalap. Saya tidak peduli jika ada 40 pembalap bersamaan di sirkuit. Jika Anda membuat kesalahan dan mereka jadi ikut-ikutan celaka, mereka akan bertanya kepada Anda.”

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama