Ada berbagai penyebab YouTube tidak bisa memutar video. Namun apapun penyebabnya, pasti yang terpenting adalah cara mengatasinya.

Nah, pada kesempatan kali ini pun kami akan membahas keduanya, yakni penyebab dan cara mengatasi YouTube tak dapat memutar video.

Sekarang ini orang-orang sangat suka nonton video di YouTube. Pasalnya, konten yang disajikan di YouTube sangat lengkap, mulai dari konten kecantikan, memasak, mukbang, berita, tips and trik, film pendek, vlog keseharian, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, beberapa pengguna pernah ada yang mengalami kendala saat nonton video di YouTube. Salah satunya adalah video YouTube yang tidak bisa diputar.

Berulang kali mereka mencoba memutar video tersebut namun tetap saja loading. Alhasil, mereka pun kebingungan dengan penyebabnya.

Ketika permasalahan ini terjadi, tentu sangat mengganggu para pengguna yang sedang asyik nonton video di YouTube. Tapi tak perlu khawatir, kalian bisa mengatasinya dengan cukup mudah kok!

Tapi sebelum ke cara mengatasi, kita terlebih dahulu membahas penyebab YouTube tak dapat memutar vidio.

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video?

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab YouTube tak dapat putar video di HP Android yang wajib kalian ketahui.

Koneksi internet buruk

Penyebab pertama yang sering membuat video YouTube loading saat hendak diputar adalah koneksi internet yang jelek.

Bisa jadi karena sinyalnya tidak stabil, sehingga saat hendak memutar video pun malah loading. Sebaiknya kamu menggunakan jaringan WiFi jika menggunakan data seluler lemot.

Memori HP penuh dan banyak cache

Ketika memori internal penuh dan cache menumpuk, secara otomatis sistem di HP kalian pun tidak bisa bekerja secara maksimal.

HP jadi cepat panas, lalu akan ada banyak aplikasi bermasalah termasuk YouTube, yang akhirnya mempengaruhi kegiatan streaming di YouTube.

Aplikasi YouTube versi lama

Penyebab berikutnya adalah aplikasi YouTube yang kamu gunakan ternyata versi lama. Untuk itu, silakan cek apakah aplikasi YouTube kalian sudah diperbarui atau belum.

Video YouTube diblokir

Penyebab YouTube tidak bisa memutar video di HP Android berikutnya adalah video YouTube yang hendak diputar ternyata sudah diblokir. Bisa jadi video tersebut mengandung konten negatif sehingga diblokir.

BACA JUGA: Cara Nonton YouTube di Set Top Box Matrix Tanpa dan dengan WiFi Dongle

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Setelah mengetahui beberapa penyebab YouTube tidak bisa putar video, kalian juga harus mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut. Silakan simak lagi pembahasannya, guys.

Update aplikasi YouTube

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi YouTube. Bisa jadi, penyebab YouTube tak bisa putar video karena aplikasi belum diperbarui.

Untuk update aplikasi YouTube, kalian hanya perlu membuka Google Play Store. Lalu, ketik YouTube di kolom pencarian.

Ketika ada tulisan “Update”, maka segera lakukan update agar aplikasi diperbarui ke versi terbaru. Tunggu beberapa saat sampai proses memperbarui aplikasi YouTube selesai.

Update YouTube Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Setelahnya, coba lagi buka YouTube dan putar video yang diinginkan. Jika berhasil, maka kalian tidak perlu melakukan cara berikutnya.

Restart HP

Me-restart HP ternyata memiliki berbagai manfaat, di antaranya menyegarkan sistem, mengatasi aplikasi error, membersihkan RAM, dan lainnya.

Sehingga cara ini juga bisa kamu lakukan ketika YouTube tidak bisa memutar video. Cara restart HP sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power selama beberapa detik > klik Mulai ulang.

Restart HP
Restart HP. (IST)

Proses restart akan dimulai dan tunggu sampai selesai, setelahnya kamu bisa mencoba lagi memutar video di YouTube.

Matikan dan aktifkan koneksi internet

Cara yang berikutnya ini juga cukup ampuh untuk mengatasi YouTube tidak dapat putar video. Silakan nonaktifkan jaringan internet, tunggu beberapa saat lalu aktifkan lagi.

Tujuannya supaya HP kalian me-refresh jaringan internet, sehingga bisa lebih kuat menangkap sinyal.

Hapus recent apps

Bisa jadi YouTube tidak memutar video gara-gara kamu membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Maka, silakan keluarkan semua aplikasi yang berjalan.

Karena terlalu banyak membuka aplikasi juga bisa membuat beban RAM semakin bertambah. Untuk menghapus recent apps, silakan klik tombol recent apps atau menu di layar HP > klik tombol X untuk membersihkan.

Hapus Recent Apps

Setelahnya, kamu bisa mencoba memutar video di YouTube kembali untuk memastikan keberhasilan cara ini.

Hapus data aplikasi YouTube

Cara mengatasi YouTube tidak bisa memutar video yang selanjutnya, kamu bisa menghapus data aplikasi YouTube di HP.

Namun perlu kamu ketahui, dengan cara ini maka akun YouTube kalian akan logout dan semua data serta riwayat pencarian di YouTube akan hilang.

Jika yakin ingin melakukan cara ini, silakan klik dan tahan aplikasi YouTube di layar utama > klik Info apl > klik Hapus data > pilih Hapus semua data > klik Oke.

Cara Hapus Data YouTube

Cara ini bisa kalian lakukan jika semua cara tadi belum juga berhasil mengatasi YouTube yang tidak bisa putar video.

BACA JUGA: Cara Membuka YouTube yang Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Itu dia, informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi YouTube tidak bisa memutar video di HP Android. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply