Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung merupakan tutorial yang akan kami berikan untuk kalian pada pembahasan kali ini.

So, buat kalian yang sedang mengalami permasalahan ini wajib banget membaca pembahasannya agar bisa segera teratasi.

Xiaomi menjadi salah satu merek ponsel terlaris di Indonesia. Bahkan ponsel asal Tiongkok itu mampu bersaing dengan sejumlah merek ponsel ternama lainnya.

Saat ini HP Xiaomi memang banyak peminatnya, hal itu karena harganya yang terbilang murah namun memiliki spek yang cukup bagus.

Kendati demikian, tak jarang sejumlah pengguna mengalami permasalahan pada ponselnya. Salah satunya adalah kamera yang tidak terhubung.

Permasalahan kamera tidak terhubung bukanlah masalah baru, dan memang sudah banyak pengguna yang pernah mengalaminya.

Lantas, apakah sebenarnya penyebab kamera HP Xiaomi tidak terhubung? Ya, ada beberapa penyebab yang kemungkinan membuat kamera menjadi error.

Di antaranya seperti karena kondisi HP terlalu panas, kameranya rusak, dan aplikasi kamera yang error.

HP yang terlalu panas bisa disebabkan karena kalian main game terlalu lama, menonton konten streaming, faktor lingkungan, dan lainnya.

Kemudian kamera rusak yang disebabkan kemasukan air atau terjatuh. Terakhir, aplikasi kamera yang error bisa dikarenakan cache yang menumpuk dan kamera nge-bug.

Jika permasalahan kamera tidak dapat terhubung sekarang sedang kamu alami, silakan coba beberapa solusinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Langsung saja, berikut ini beberapa cara memperbaiki kamera HP Xiaomi yang tidak terhubung. Caranya dijamin mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tutup dan buka lagi kamera

Langkah pertama dan yang paling sederhana ini bisa kamu lakukan terlebih dahulu sebelum melakukan tutorial lainnya.

Tak menutup kemungkinan dengan hanya tutup dan buka kembali kamera akan mengatasi permasalahan kamera yang tak terhubung.

Silakan tutup aplikasi kamera lalu hapus semua aplikasi di recent apps. Setelah itu, buka kembali aplikasi kamera. Namun jika ternyata masih belum teratasi, silakan coba cara berikutnya.

Restart HP – Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung

Cara memperbaiki kamera yang tidak terhubung berikutnya adalah dengan me-restart HP. Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

Dengan me-restart HP, diharapkan kamera yang error dapat kembali normal. Untuk me-restart HP, kalian cukup tekan dan tahan tombol power lalu klik Mulai ulang.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi di Cas Tidak Bertambah, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Hapus cache dan data aplikasi kamera

Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung berikutnya adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi kamera.

Bisa jadi penyebab kamera Xiaomi tidak terhubung itu karena file yang corrupt atau ada bugs. Dengan menghapus cache dan data aplikasi, maka bisa mengembalikannya ke pengaturan default.

Selain itu, bisa juga membersihkan dari cache, data dan file temporary lainnya. Untuk menghapus cache dan data aplikasi kamera, caranya hampir sama.

Kalian hanya perlu membuka menu Setelan > klik Aplikasi > klik Kelola aplikasi > Kamera > Hapus data. Silakan pilih bersihkan cache terlebih dahulu, lalu hapus data.

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi Tidak Terhubung

Lihat bagian perizinan aplikasi

Apabila kedua cara di atas belum berhasil membuat kamera HP kalian kembali normal, silakan coba cara yang berikutnya ini.

Silakan cek bagian perizinan aplikasi, kemungkinan ada beberapa perizinan aplikasi kamera yang belum diaktifkan.

Caranya, buka menu Setelan > klik Aplikasi > klik Kelola aplikasi > Kamera > Perizinan apl. Silakan berikan semua izin pada aplikasi kamera.

Perizinan Aplikasi

 

Update sistem Xiaomi

Jika ada pembaruan MIUI di HP Xiaomi namun kalian belum melakukannya, maka silakan perbarui terlebih dahulu.

MIUI bisa dibilang merupakan sistemnya Xiaomi. Ketika ada update MIUI namun kalian mengabaikannya, lama kelamaan bisa membuat kamera jadi error dan crash yang akhirnya enggan terhubung.

Silakan cek pembaruan dengan membuka menu Setelah dan klik Tentang telepon. Silakan klik versi MIUI dan lakukan pembaruan.

Update MIUI

Pulihkan setelan bawaan kamera

Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung yang berikutnya adala mengembalikan kamera ke setelan bawaan. Bisa saja, ketika kalian mengoperasikan aplikasi kamera ada kesalahn dalam menyetel atau ada bug.

Pada akhirnya kamera pun jadi tidak terhubung. Untuk itu, silakan pulihkan setelan bawaan kamera.

Caranya sama seperti beberapa tutorial tadi, yakni membuka menu Setelan > Aplikasi > Setelan aplikasi sistem > Kamera > dan klik Pulihkan setelan bawaan. Terakhir silakan klik Oke.

Cara mengatasi kamera Xiaomi yang tidak terhubung

Factory reset – Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak dapat terhubung

Cara berikutnya yakni melakukan factory reset. Namun sebelum mencoba cara ini, kamu wajib tahu jika ini bukanlah solusi terbaik.

Karena cara ini bisa menghapus semua data di HP kamu dan pengaturan sistem akan kembali ke default. Pasti akan merepotkan karena kalian harus membackup data terlebih dahulu, lalu setelahnya melakukan factory reset pun harus menginstall aplikasi dan hal lainnya.

Tapi jika sudah tidak pilihan lain, maka silakan lakukan factory reset. Jangan lupa untuk mem-backup semua datanya dulu, guys! Klik di sini untuk melihat cara lengkap reset HP Xiaomi.

Bawa ke tempat service

Cara terakhir adalah membaca HP ke tempat service. Serahkan perbaikan ini ke yang ahlinya, jangan lupa menyampaikan permasalahan kamera kepada sang teknisi untuk mempermudah mereka memperbaikinya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi Semua Tipe

Satu persatu cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung sudah kami bahas secara lengkap. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kalian. Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply