Cara mengatasi layar HP Realme hitam tapi nyala memang kerap kali dicari oleh banyak orang, karena hal ini cukup mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh pemilik smartphone tersebut.

Seperti kita ketahui, kondisi HP nyala api lcd mati ditandai dengan layar yan ggelap dan tidak menampilkan apa-apa, tak heran jika banyak orang merasa kesulitan dengan hal tersebut.

Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat kinerja ponsel menurun atau tidak optimal. Salah-satunya yaitu dengan menggunakan ponsel secara terus menerus tanpa memperdulikan kondisi HP yang kamu gunakan.

HP Realme sendiri merupakan salah satu smartphone pendatang baru yang menawarkan banyak jenis smartphone Android dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan smartphone jenis lainnya.

Tenang saja, meskipun smartphone tersebut murah ,tetapi spesifikasi yang dimilikinya tetap mumpuni dan sangat bisa diandalkan. Tak heran, jika smartphone ini lebih sering digunakan untuk bermain game.

Keadaan HP layar hitam di HP Realme juga bukan salah satu hal yang aneh, karena hal ini kerap kali terjadi, apalagi jika smartphone yang kamu gunakan memiliki kapasitas memori yang rendah dan penuh dengan aplikasi-aplikasi.

Nah, jika kamu mengalami kendala tersebut, jangan panik terlebih dahulu, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Realme Macet

Cara Mengatasi HP Realme Layar Hitam tapi Nyala dengan Mudah

Merestart HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menyalakan ulah HP Realme yang kamu gunakan. Karena salah satu penyebab layar HP hitam yaitu terjadinya lagging, dengan melakukan restart, masalah ini bisa cepat teratasi. Ini dia langkah-langkah melakukannya:

  • Pertama-tama tekan tombol power selama beberapa detik hingga muncul beberapa menu.
  • Pilih menu Muat Ulang HP untuk melakukan restart.

    Restart HP
    Restart HP. (IST)
  • Nantinya HP akan secara otomatis melakukan restart dan semua kendala yang ada akan hilang dengan sendirinya, salah satunya layar HP hitam.

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai kendala yang ada pada setiap smartphone Android. Terlebih pengguna biasanya jarang melakukan restart jika tidak ada kendala apapun pada HP tersebut.

Untuk itu kami menganjurkan untuk melakukan restart agar HP yang kamu gunakan tetap optimal dan terhindar dari bug yang mengganggu.

Melepas SIM dan Kartu SD – Cara Mengatasi Layar HP Hitam tapi Nyala

Selanjutnya kamu bisa mengatasi layar HP Realme yang hitam tapi nyala dengan cara melepas SIM Card yang terpasang lengkap dengan kartu SD atau memori di HP tersebut.

Tapi pastikan kamu menonaktifkan HP terlebih dahulu sebelum kamu melepas kartu SIM dan memori yang terpasang, karena jika akan terjadi kerusakan sistem jika dilakukan secara terus menerus.

Setelah beberapa menit kamu melepaskannya, kamu bisa memasangnya kembali dan mulai menghidupkan HP tersebut. Cara ini biasanya sangat efektif untuk mengembalikan layar smartphone hitam tapi nyala agar bisa kembali normal.

Memeriksa Layar HP

Sebelum melakukan tindakan lainnya, kamu bisa coba dengan memeriksa layar HP Realme tersebut untuk mengetahui penyebab layar HP mati tapi nyala. Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya:

  • Pastikan layar HP dalam kondisi normal, tidak terkelupas,retak, ataupun pecah. Jika kamu menemukan salah satu kendala tersebut, kamu bisa membawanya ke tukang service untuk menggantinya.
  • Jika sebelumnya kamu menempelkan stiker pada layar atau sensor ponsel, kamu bisa melepaskannya, karena hal tersebut juga memicu terjadinya kendala karena akan mengganggu fungsi dari lockscreen HP.
  • Jika kamu menggunakan soft case atau pelindung layar, kamu bisa melepaskan aksesori tersebut, softcase, casing atau semacamnya juga bisa jadi penyebab HP error karena overheating karena suhu HP akan tertahan oleh casing tersebut.

Reset ke Pengaturan Pabrik

Berikutnya, kamu bisa mereset smartphone tersebut ke setelan pabrik atau melakukan hard reset. Tapi sebelum melakukan car aini pastikan kamu sudah mem-backup semua data penting yang ada pada HP tersebut agar tidak hilang.

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Pengaturan pada HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya pilih menu Pengaturan Sistem.

    Pilih Pengaturan Sistem
    Pilih Pengaturan Sistem. (IST)
  • Lalu cari dan pilih menu Cadangkan dan Reset.

    Pilih Cadangkan dan Reset
    Pilih Cadangkan dan Reset. (IST)
  • Pilih opsi Reset Ponsel.

    Pilih Reset Ponsel
    Pilih Reset Ponsel. (IST)
  • Kemudian pilih opsi Hapus Semua data untuk reset ke pengaturan pabrik.

    Hapus Semua Data ke Pengaturan Pabrik
    Hapus Semua Data ke Pengaturan Pabrik. (IST)
  • Kamu akan diminta untuk memasukkan password HP untuk mengkonfirmasi proses reset tersebut.
  • Nantinya HP akan melakukan restart secara otomatis.

Pastikan kamu memiliki baterai yang mencukupi untuk melakukan proses reset ke pengaturan pabrik ini agar prosesnya selesai sampai akhir.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Twitter Sementara

Demikianlah cara mengatasi layar HP Realme hitam tapi nyala yang bisa kamu lakukan. Pastikan smartphone yang kamu gunakan tetap dalam keadaan optimal agar bisa beroperasi dengan lancar.

 

 

 

Share.

Leave A Reply