Cara mengatasi HP Realme macet kini banyak dicari oleh para pengguna yang mengalami kendala tersebut, terlebih HP Realme kini jadi salah satu smartphone dengan pengguna terbanyak, terutama di Indonesia.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika HP Realme kini hadir di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau tapi mereka tetap memberikan kualitas dan spesifikasi yang canggih.

Tapi seiring berjalannya waktu dan penggunaan HP Realme, beberapa orang bercerita mereka mengalami beberapa kendala tersendiri pada HP yang digunakannya.

Salah satunya yaitu HP yang mengalami kendala macet saat digunakan. Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas dan layanan yang sedang beroperasi, kamu juga jadi tidak bisa mengoperasikan HP dengan baik.

Nah, jika kamu salah satu pengguna yang mengalami kendala tersebut, berikut kami akan membantu kamu untuk mengatasi HP Realme yang tidak beroperasi dengan baik alias macet. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Izin Aplikasi Facebook

Cara Mengatasi HP Realme Macet

Menghadapi kendala HP Realme yang tidak beroperasi dengan baik, atau macet tentunya membuat penggunanya tidak nyaman dan sedikit khawatir. Dikutip dari laman resmi Realme, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi handphone Realme yang macet. Berikut diantaranya:

  1. Jika kendala yang muncul diakibatkan dari penggunaan aplikasi tersebut saja, mungkin kamu harus coba dengan menghapus aplikasi tersebut untuk mengatasi HP Realme yang tidak beroperasi atau macet.
  2. Smartphone panas atau overheating juga jadi salah satu penyebab HP Realme tidak beroperasi dengan baik, untuk itu kamu bisa coba dengan melakukan restart atau mengistirahatkan HP terlebih dahulu dari semua aktivitas yang kamu lakukan.
  3. Cara mengatasi HP Realme yang macet berikutnya, yaitu kamu bisa coba dengan mencabut kartu SIM serta kartu SD yang terpasang, dan memasukkan kembali. Tapi pastikan kamu menonaktifkan HP terlebih dahulu sebelum mencabut kartu SIM nya.
  4. Kemudian, kamu juga bisa melakukan pengisian daya 30 menit dan kemudian force restart untuk mengatasi kendala yang terjadi pada HP Realme. Cara ini cukup ampuh dilakukan.
  5. Berikutnya, kamu bisa coba dengan melakukan scan virus, karena bisa saja smartphone yang kamu gunakan macet karena adanya virus atau malware yang menyerang sistem Android HP Realme tersebut.
  6. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan dari HP Realme sendiri dengan masuk ke pusat keamanan, lalu pilih virus scan, dan pilih start scanning.

Jika semua cara diatas tidak bisa mengatasi kendala yang terjadi di HP Realme yang kamu gunakan, kamu bisa coba dengan melakukan pembaruan sistem Android.

Cara Alternatif Mengatasi HP Realme yang Macet

Mencharge Ulang Baterai

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika HP Realme macet dan mati karena kehabisan baterai, kamu bisa coba dengan mencharge HP tersebut. Tapi jika saat melakukan pengisian data tidak muncul notifikasi isi daya muncul, kamu bisa coba membiarkan HP tersebut selama 3 jam agar suhunya dingin.

Setelah itu, kamu bisa coba menggunakan smartphone lain jika tersedia. Jika baterai HP sudah penuh tapi HP Realme masih belum bisa dinyalakan dengan menekan tombol power, kamu bisa coba cara selanjutnya untuk mengatasinya.

Menonaktifkan Jadwal Hidup mati HP Otomatis

Cara mengatasi HP Realme macet berikutnya kamu harus memastikan bahwa kamu tidak mengaktifkan jadwal hidup mati pada pukul 23.00 dan akan menyala pada jam 07.00.

Karena hal tersebut juga akan mempengaruhi jadwal hidup/mati, ini dia langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan di HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Pengaturan Sistem.

    Pilih Pengaturan Sistem
    Pilih Pengaturan Sistem. (IST)
  • Lalu pilih menu jadwal matikan/hidupkan.

    Jadwal hidupkan dan matikan
    Jadwal hidupkan dan matikan. (IST)
  • Jika opsi tersebut aktif kamu harus menonaktifkannya dengan menggunakan opsi “Hidupkan Pada” dan “Matikan Pada”.

    Nonaktifkan jadwal
    Nonaktifkan jadwal. (IST)
  • Setelah itu, jadwal hidupkan/matikan otomatis pada smartphone akan mati secara otomatis pada HP Realme.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Senter HP Realme Tidak Menyala

Nah, itulah cara mengatasi HP Realme macet lengkap dengan cara alternatif yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan?

Share.

Leave A Reply