Memiliki HP Realme dengan senter HP tidak menyala atau mati tentunya membuat kecemasan tersendiri, karena senter memiliki peran penting bagi HP. Tapi kini kamu tak perlu panik lagi, karena sudah ada cara mengatasi senter HP Realme yang tidak menyala.

Senter sendiri memiliki fungsi yang cukup penting pada HP, baik itu untuk membantu kamera memotret agar gambar lebih terang ataupun untuk pencahayaan saat kondisi darurat.

Secara umum, senter atau flashlight pada HP Realme ini akan hidup secara otomatis saat diaktifkan atau saat kamu menggunakan kamera dengan mode flash.

Jika senter HP yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik, atau tidak menyala, kamu jangan langsung membawanya ke tukang service HP.

Mengapa demikian? Kamu harus mengetahui penyebab dan mencoba cara mandiri terlebih dahulu untuk mengatasi senter HP yang tidak menyala di HP Realme tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengubah Tombol Kembali di HP Realme

Penyebab Senter HP Realme Tidak Menyala

Sebelum kamu mengatasinya, kamu harus mengetahui penyebab senter tersebut tidak menyala terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses mengatasinya.

Saat ini ada beberapa faktor yang menyebabkan lampu senter pada HP Realme atau smartphone Android lainnya tidak menyala atau mati sendiri saat digunakan.

Salah satu penyebabnya yaitu karena adanya bug dari aplikasi yang terinstall di smartphone tersebut.

Hal tersebut masih mudah dilakukan jika muncul pembaruan. Tapi senter yang tidak menyala juga bisa disebabkan oleh overheating senter, atau terlalu berlebihan saat menggunakannya sehingga membuat kinerja sistem menjadi berat dan masalah terjadi.

Cara Mengatasi Senter HP Realme Tidak Menyala

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama yang biasanya menyebabkan senter tidak menyala, berikut kami akan mengulas beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut diantaranya:

1. Restart HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi senter yang tidak menyala yaitu dengan melakukan restart pada smartphone tersebut.

Melakukan restart ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai kendala yang muncul pada sistem operasi, salah satunya lampu senter yang tidak berfungsi dengan baik.

Karena biasanya terjadi masalah pada sistem, seperti sistem bekerja terlalu berat dan menyebabkan overheating.

2. Mendownload Aplikasi Senter

Jika fitur senter pada smartphone yang kamu gunakan bermasalah dan membuat senter sulit untuk dinyalakan, kamu bisa coba dengan menginstall aplikasi senter di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu aplikasi Flash light. Tenang saja, aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kau bisa mengatur senter agar tidak terlalu terang atau redup dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa membuat senter HP Realme berkedip-kedip sesuai dengan fitur yang tersedia.

3. Hapus Data dan Cache Senter

Cara terakhir yang bijak mau lakukan yaitu dengan menghapus data dan cache senter. Karena penyebab senter tidak menyala atau berfungsi dengan baik salah satunya yaitu adanya penumpukan data pada sistem operasi.

Untuk itu, kamu harus menghapus cache dan data aplikasi secara rutin, minimal 3 bulan 1 kali untuk memastikan sistem senter bekerja dengan baik.

BACA JUGA: Cara Mengunci Aplikasi di Recent Apps

Demikinalah cara mengatasi senter HP Realme tidak menyala atau tidak berfungsi dengan baik. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply