Ada beberapa cara mencegah WhatsApp disadap yang wajib diketahui oleh setiap pengguna. Dengan begitu, kalian bisa menghindari pencurian data yang dilakukan orang lain tanpa sepengetahuanmu.

Kamu mungkin sudah sering mendengar atau bahkan mengalami aksi peretasan WhatsApp. Hal itu pun membuat para pengguna WhatsApp sangat khawatir jika akun WhatsApp mereka disadap oleh orang lain.

Karena selain mencuri data, mereka bisa saja menyalahgunakan WhatsApp kita untuk hal negatif dan juga merugikan.

Sehingga kita pun wajib melakukan beberapa langkah pencegahan agar hal peretasan tidak terjadi kepadamu.

Karena jika hanya sekadar khawatir atau takut, tentu takkan bisa melindungi akun WhatsApp-mu dari peretasan.

Justru aksi tersebut malah akan semakin mudah dilakukan oleh orang lain. Sebaiknya segera lakukan langkah-langkah pencegahan, kami pun akan membahas caranya di artikel ini.

Sedikitnya ada 5 cara agar akun kita aman dari aksi peretasan yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. Caranya sangat mudah untuk dilakukan tapi ampuh untuk melindungi akun WhatsApp kalian.

Sebenarnya aksi penyadapan WhatsApp ini bukan hanya bisa dilakukan oleh orang asing, namun juga oleh orang-orang terdekatmu.

Misalnya pasangan, teman, atau keluargamu. Aksi penyadapan ini dilakukan tentu karena ada alasan tersendiri, namun apapun alasannya , menyadap WhatsApp orang lain secara diam-diam merupakan tindakan yang kurang baik.

Karena pastinya di dalam akun WhatsApp setiap orang memiliki data-data pribadi yang hanya boleh diketahui oleh dirinya sendiri alias privasi.

Nah, tanpa menunggu lama lagi, langsung saja simak langkah-langkah untuk mencegah penyadapan WhatsApp yang bisa kalian praktikkan dengan mudah.

Cara Mencegah WhatsApp Disadap

Jika kamu merasa khawatir akun WhatsApp akan disadap orang lain, lakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Logout dari perangkat tidak dikenal

Cara mencegah WhatsApp dibajak oleh orang lain adalah dengan logout WhatsApp dari perangkat yang tidak dikenal.

Dan untuk memastikan bahwa tidak ada perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp kalian, kalian bisa mengeceknya melalui fitur Perangkat tertaut.

Caranya, kalian hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp di HP. Kemudian klik icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih opsi Perangkat tertaut.

Jika ternyata ada perangkat yang login ke akun WhatsApp kalian, dan kalian merasa tidak login WhatsApp Web, maka segera logout.

Langsung klik nama perangkat tersebut, terakhir klik opsi Keluar. Akun WhatsApp-mu akan langsung logout dari perangkat tersebut.

Cara Logout WA Web di HP

BACA JUGA: Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak di Android

Kunci WhatsApp dengan sidik jari

Berikutnya kalian bisa menggunakan fitur kunci sidik jari untuk mencegah WhatsApp disadap orang lain. Tak perlu menggunakan aplikasi tambahan, karena WhatsApp sendiri memiliki fitur kunci sidik jari.

Namun tentunya metode ini hanya bisa dilakukan jika ponsel yang kalian gunakan mendukung fitur fingerprint.

Ketika aplikasi WhatsApp kalian dikunci dengan sidik jari, maka hanya kamu yang bisa membuka aplikasi WhatsApp tersebut.

Hal ini pun meminimalisir ada orang yang membuka aplikasi WhatsApp secara diam-diam, lalu melakukan scan QR code untuk menyadap WhatsApp-mu.

Untuk mengunci WhatsApp dengan sidik jari, kamu hanya perlu masuk ke menu Setelan WhatsApp.

Kemudian, klik menu Privasi > klik Kunci sidik jari > aktifkan toggle Buka kunci dengan sidik jari.

Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari

Terakhir, lakukan konfirmasi sidik jari dengan menyentuh sensor sidik jari. Kamu pun bisa melakukan mengatur waktu kunci otomatis sesuai keinginan.

Aktifkan verifikasi dua langkah- Cara mencegah WhatsApp Disadap

Ketiga, kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah. Fitur ini merupakan pilihan untuk mengirimkan kode sebanyak 6 digit setiap pengguna yang hendak login nomor WhatsApp ke ponsel yang baru.

Namun kode ini berbeda dengan OTP. Tujuan mengaktifkan verifikasi dua faktor adalah agar tidak ada orang yang bisa login sembarangan ke akun WhatsApp-mu.

Caranya sama seperti metode kedua, yakni membuka menu Setelan. Selanjutnya, klik Akun > Verifikasi dua langkah > Nyalakan.

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Silakan buat PIN 6 digit yang bisa kalian ingat dengan mudah, tapi tentu jangan mudah ditebak orang lain. Tambahkan juga alamat email untuk mempermudah ketika kamu lupa PIN tersebut.

Install ulang aplikasi WhatsApp

Cara mencegah WhatsApp disadap orang lain yang berikutnya adalah menginstall ulang WhatsApp. Langkah ini bisa dilakukan jika kamu telah mengklik Oke ketika ada peringatan untuk memindahkan akun.

Pastikan kamu masih menggunakan nomor yang didaftarkan ke WhatsApp itu. Pasalnya, nanti akan ada kode OTP yang dikirimkan ke nomor terkait.

Menonaktifkan akun

Cara yang terakhir ini bisa dilakukan jika akun WhatsApp kalian sudah terlanjur diretas orang. Silakan nonaktifkan akun WhatsApp kalian.

Caranya, kirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com. Jangan khawatir, kamu bisa kembali mengaktifkan WhatsApp sebelum 30 hari dari waktu penonaktifkan.

Ciri-ciri WhatsApp disadap

Selain cara mencegah WhatsApp disadap, kalian juga wajib tahu ciri-ciri akun WhatsApp kalian sedang disadap orang lain.

  • Pertama, kalian mendapat kiriman kode OTP dari WhatsApp. Itu artinya ada pihak lain yang berusaha login ke akun WhatsApp-mu melalui aplikasi. Sebaiknya abaikan saja.
  • Kedua, akun WhatsApp kalian online padahal sedang tidak aktif. Bisa jadi, akun WhatsApp kalian sedang dibajak dan dibuka orang lain.
  • Ketiga, kamu mendapati ada pesan masuk yang sudah dibaca padahal kamu tidak merasa membuka pesan tersebut.
  • Keempat, ada chat yang terkirim ke kontak tertentu tanpa kamu ketahui.
  • Kelima, keluar dari akun WhatsApp kalian dengan sendirinya. Kemungkinan ada yang berhasil login dengan akun WhatsApp-mu, sehingga akun WhatsApp di HP kalian otomatis logout. Pasalnya, nomor WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja.

BACA JUGA: Cara Mengunci WhatsApp dengan Pola, Bisa Pakai Atau Tanpa Aplikasi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mencegah WhatsApp disadap orang lain. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply