Adakah cara melihat notifikasi yang sudah dihapus di HP Android, mulai dari HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan lainnya?

Banyak orang yang bertanya-tanya dan penasaran dengan jawaban dari tutorial tersebut. Kamu pun pasti menjadi salah satunya.

Jika demikian, maka Rancah Post akan memberi jawabannya untuk kalian. Cara melihat riwayat notif yang sudah dihapus tentu saja ada.

Nggak percaya? Untuk membuktikan, kamu wajib membaca artikel ini sampai akhir. Hal itu karena akan dijelaskan mengenai tutorialnya yang terbukti berhasil.

Ketika ada notifikasi, baik notifikasi dari WhatsApp, Instagram, Twitter, atau aplikasi-aplikasi lainnya biasanya akan muncul di bilah notifikasi.

Bisa ditandai dengan nada dering tertentu atau hanya getar. Notifikasi-notifikasi tersebut pastinya akan muncul jika kalian tidak menonaktifkannya. Dimulai dari notifikasi yang kurang penting hingga yang sangat penting.

Namun karena kita mengaktifkan semua notifikasi aplikasi di HP, alhasil akan muncul banyak notifikasi di bilah notifikasi.

Saking banyaknya, kita pun sampai bingung jika harus membaca satu persatu notifikasi tersebut. Alhasil agar tidak mengganggu, kalian pun memilih untuk menghapus semua notifikasi secara sekaligus.

Alhasil, semua notifikasi baik yang penting maupun tidak penting akan terhapus. Jika notifikasinya tidak penting, mungkin takkan menjadi masalah apapun.

Tapi lain halnya jika ternyata notifikasi itu sangat penting dan malah terlewatkan. Ini bisa jadi berdampak buruk pada beberapa kasus.

Agar permasalahan ini tidak terjadi, sebaiknya kamu menonaktifkan beberapa notifikasi yang tidak penting dan hanya mengaktifkan notifikasi yang pentingnya saja.

Tapi jika tetap memilih mengaktifkan semua notifikasi, ada cara agar kamu bisa melihat riwayat notifikasi yang sudah dihapus.

Dengan begitu, kamu bisa mengecek ada atau tidaknya notifikasi penting yang kita hapus, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Cara Melihat Notifikasi yang Sudah Dihapus

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, cara melihat notifikasi yang kita hapus membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Meski harus menginstall aplikasi pihak ketiga, namun aplikasi tersebut memiliki ukuran yang ringan sehingga takkan membuat penyimpanan di HP jadi penuh.

Dan pada artikel ini kami akan mencoba menggunakan aplikasi bernama Sejarah Pemberitahuan Log.

Download aplikasi Sejarah Pemberitahuan Log

Silakan download aplikasi Sejarah Pemberitahuan Log di HP kamu. Aplikasi tersebut bisa kamu unduh lewat Google Play Store. Ukurannya ringan, hanya 8,7 MB saat pertama kali diunduh.

Sejarah Pemberitahuan Log

Ketika pertama kali membuka aplikasi, kamu akan diminta memilih opsi Mulai Coba Gratis yang berlaku selama 7 hari. Setelah itu, kamu harus membayar biaya berlangganan sebanyak Rp 15 ribu per minggu.

Selain itu, kamu bisa memilih opsi Atau Coba Versi Terbatas (gratis). Namun akan ada beberapa iklan yang muncul dalam penggunaan aplikasi.

Pilih Gratis Atau Berlangganan

Perizinan aplikasi

Cara selanjutnya untuk melihat notifikasi yang sudah dihapus adalah kamu harus mengaktifkan izin aplikasi. > klik Aktifkan Izin.

Aktifkan Izin Aplikasi

Lalu, akan diarahkan ke laman Notifikasi dan Perangkat, silakan aktifkan toggle Izinkan akses notifikasi agar aplikasi tersebut bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan izin App

Namun, kamu juga bisa menonaktifkan izin aplikasi tersebut kapan saja jika dirasa tidak berkenan memberi izin.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download di Semua HP Android

Melihat notifikasi yang sudah dihapus di Sejarah Pemberitahuan Log

Misalnya setelah menginstall aplikasi Sejarah Pemberitahuan Log, kamu tak sengaja menghapus satu atau beberapa notifikasi yang muncul. Padahal kamu belum sempat membaca itu notifikasi apa.

Agar tak penasaran, silakan langsung buka aplikasi Sejarah Pemberitahuan Log.

Setelah itu, klik Lanjut Sejarah, dan akan tampil notifikasi yang kamu swipe tadi dengan informasi yang detail. Mulai dari jenis notifikasi hingga waktunya.

Cara Melihat Riwayat Notifikasi yang Sudah Dihapus

Notifikasi akan tampil berdasarkan urutan waktu terbaru sampai yang terlama. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui notifikasi apa saja yang tak sengaja terhapus.

Cara Melihat Notifikasi yang Sudah Terlanjur Dihapus

Selain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan fitur riwayat notifikasi.

Sehingga pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut, dan lihat riwayat notifikasi yang sudah dihapus dari HP.

Namun jika ternyata tidak ada, kamu bisa memilih tutorial pertama yang kami jelaskan, yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Karena meski harus mendownload aplikasi terlebih dahulu, aplikasi tersebut terbukti berhasil menampilkan riwayat notifikasi yang sudah dihapus dan caranya pun mudah.

BACA JUGA: Cara Melihat Riwayat Lokasi Android, Bisa Cek Lokasi yang Pernah Dikunjungi Pacarmu!

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara melihat notifikasi yang sudah dihapus di HP Android dengan langkah-langkah yang mudah dan pastinya berhasil.

Dengan catatan kalian mengikuti tutorialnya dengan benar. Semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu kalian yang sebelumnya kesulitan bahkan tidak mengetahui tutorial tersebut.

Share.

Leave A Reply