Cara merekam suara di HP agar jernih – Smartphone atau ponsel kini jadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan, karena sangat bermanfaat untuk menunjang dan membantu aktivitas kehidupan manusia.

Salah satu manfaat dari smartphone yang bisa kamu gunakan yaitu untuk merekam suara, merekam sendiri merupakan suatu proses pengambilan suara untuk mengabadikan atau menyimpan suara bicara atau nyanyian yang dilakukan oleh seseorang.

Tak jarang merekam suara juga sering dijadikan bahan untuk berbagai keperluan, seperti untuk dokumentasi atau pengumpulan data saat melakukan wawancara.

Menariknya, kini untuk merekam suara kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan, karena hampir semua smartphone termasuk HP Realme sudah memiliki aplikasi default khusus untuk merekam suara.

Lalu apa jadinya jika merekam suara dengan aplikasi bawaan HP Realme menghasilkan suara yang tidak jernih dan kurang jelas? Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu karena hasil rekaman jadi kurang maksimal.

Untuk itu, mungkin kamu harus memasang aplikasi khusus agar suara rekaman yang kamu lakukan lebih jernih.

Meskipun HP Realme dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni tapi bukan tidak mungkin jika HP ini memiliki kendala pada saat merekam suara, salah satunya suara yang kurang jernih dan tidak jelas yang menyebabkan informasi yang disampaikan tidak bisa dipahami.

Lalu aplikasi apa yang menunjang agar suara rekaman lebih jernih dan jelas? Untuk mengetahuinya, yuk simak cara merekam suara di HP Realme agar hasilnya jernih.

BACA JUGA: Cara Merekam Layar HP Xiaomi

Cara Merekam Suara di HP Realme agar Hasilnya Jernih

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam suara agar lebih jernih di HP Realme, berikut diantaranya:

Audio Recorder

Pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Audio Recorder untuk membuat hasil rekaman suara jernih dan jelas di HP Realme. Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana, hingga cara penggunaannya cukup mudah.

Menariknya, mereka juga menawarkan banyak fitur unggulan, salah satunya yaitu kamu bisa langsung membagikan hasil rekaman yang telah dibuat ke berbagai layanan, mulai dari Google Drive, iCloud, atau membagikannya melalui sosial media.

Ini dia langkah-langkah menggunakannya:

  • Download dan pasang aplikasi Audio Recorder di smartphone Realme yang kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan yaitu sekitar 6,4 MB saja.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut, kamu bisa langsung merekam suara dengan menekan tombol merah rekam yang ada di bagian tengah aplikasi.

    Mulai Rekam
    Mulai Rekam. (IST)
  • Setelah selesai merekam tekan kembali tombol tersebut, dan aplikasi akan menampilkan hasil recording yang kamu lakukan.

    Hasil Rekaman
    Hasil Rekaman. (IST)
  • Selesai.

Voice Recorder – Cara Merekam Suara di HP agar Jernih

Voice Recorder
Voice Recorder. (IST)

Cara merekam suara di HP Realme agar hasilnya jernih selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan aplikasi Voice Recorder. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang sama dengan aplikasi sebelumnya, di mana kamu bisa merekam suara tanpa batas waktu dengan hasil yang jernih.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan konfigurasi 8 bit dan 16 bit, dengan begitu hasil rekaman yang kamu lakukan akan lebih unggul jika dibandingkan dengan perekam suara biasa bawaan HP.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati keunggulan lainnya yang ada pada apk ini, yaitu kamu bisa langsung terhubung dengan melodi secara langsung. Oleh karena itu, aplikasi ini sering digunakan untuk merekam suara di HP untuk cover lagu.

Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder
Easy Voice Recorder. (IST)

Pada jajaran terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Easy Voice Recorder untuk membuat suara jernih di smartphone yang kamu gunakan.

Aplikasi perekam suara yang satu ini bisa digunakan dengan mudah, dimana kamu hanya tinggal menekan tombol rekam dan menyimpannya. Dengan begitu hasil rekaman yang kamu buat akan langsung tersimpan di galeri.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah dan hampir sama dengan aplikasi lainnya, dimana kmau harus mengunduhnya dulu di Google Play Store > Buka Aplikasi > Mulai merekam.

Aplikasi ini juga tersedia dalam versi pro agar kamu bisa menikmati semua fitur unggulan dan editing langsung di dalamnya. Biasanya Easy Voice Recorder sering digunakan untuk membuat konten vlog, podcast, musik, hingga lagu.

BACA JUGA: Aplikasi Webcam untuk Laptop

Itulah beberapa cara merekam suara di HP Realme agar hasilnya jernih yang bisa kamu lakukan.

 

Share.

Leave A Reply