Cara mengaktifkan GPS di HP Xiaomi ternyata tidak sulit sama sekali. Kita bisa melalukannya dengan beberapa metode yang pasti mudah untuk dipraktikkan.

GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System. GPS biasanya selalu ada dalam setiap perangkat yang berfungsi sebagai penunjuk arah.

Salah satu perangkat yang dilengkapi GPS adalah HP Xiaomi. Saat ini HP Xiaomi memang menjadi salah satu ponsel yang populer dan banyak digunakan.

Selain GPS, Xiaomi juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya. Sehingga tak heran jika menjadi ponsel yang digandrungi orang-orang.

Namun, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur-fitur yang ada di Xiaomi.

Nah, jika sekarang ini kamu tidak mengetahui cara mengaktifkan GPS di Xiaomi, tak perlu khawatir karena Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk kalian.

Untuk itu, kalian wajib membaca artikel ini sampai selesai, ya! Jika kalian belum mengaktifkan GPS, maka bisa membuat aplikasi penunjuk arah seperti Maps, Sygic, dan lainnya tidak bisa menentukan lokasi kalian berada.

Artinya setelah menyalakan fitur GPS, secara otomatis lokasi dan posisi HP kamu akan diketahui oleh satelit.

Namun beberapa pengguna beranggapan jika GPS dinyalakan akan membuat konsumsi daya baterai jadi boros. Alhasil, mereka hanya mengaktifkan fitur tersebut saat dibutuhkan saja.

Padahal mengaktifkan GPS memiliki berbagai manfaat, seperti mempermudah mendeteksi lokasi HP saat hilang, bisa share lokasi, dan lainnya.

Langsung saja, di bawah ini kami telah menyiapkan pembahasan mengenai cara menyalakan GPS di HP Xiaomi dengan mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan GPS di HP

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan GPS di Xiaomi, yakni melalui menu Setelan dan status bar. Kalian penasaran?

Melalui menu Setelan

Metode pertama yang akan dibahas untuk menyalakan GPS di HP Xiaomi adalah melalui menu Setelan. Jika sebelumnya kamu tidak mengetahui di mana letak fiturnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan di HP Xiaomi kalian.
  • Akan tampil berbagai opsi menu, silakan scroll ke bawah dan klik Lokasi.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Xiaomi

  • Silakan aktifkan toggle Akses lokasi.

Akses lokasi

  • Setelah itu, aplikasi yang memiliki perizinan ini bisa memperoleh info lokasi kamu, misalnya WhatsApp, Cuaca, Maps, Instagra, dan lainnya.
  • Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengubah Lokasi GPS Untuk Memalsukan Tempat

Melalui status Bar

Metode yang pertama yang sangat mudah, dan metode yang kedua pun bisa dibilang yang paling mudah.

Pasalnya, kamu hanya perlu menarik status bar dan mengaktifkan fitur lokasi dari sana. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tutorial di bawah ini.

  • Pertama, kalian hanya harus menarik panel status bar ke bawah.
  • Lalu cari icon Lokasi, dan silakan klik fitur tersebut.

Status Bar Xiaomi

  • Secara otomatis, GPS di HP kalian pun sudah aktif. Sangat mudah, dan singkat bukan caranya?

Manfaat mengaktifkan GPS

Pada pembahasan di awal, kami sudah menyebutkan beberapa manfaat mengaktifkan GPS di HP. Namun ternyata, masih ada manfaat-manfaat GPS lainnya yang wajib kalian ketahui.

  • Dapat memberikan informasi geografis seperti pengukuran jarak, mendeteksi cuaca, pengukuran kecepatan, dan waktu.
  • Bisa melacak HP saat hilang atau lupa menyimpannya.
  • Dapat melacak lokasi seserang atau tempat dengan Maps.
  • Khusus pengguna marketplace di Facebook, fitur GPS mempermudah kita untuk menemukan barang yang dijual di sekitar kita.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Xiaomi

Satu persatu cara mengaktifkan GPS di HP Xiaomi telah selesai kami bahas. Kini, giliran kalian untuk mempraktikkannya sendiri. Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply