Aplikasi cek kadaluarsa sangat bermanfaat saat ini, karena kini banyak pedagang yang kurang memperhatikan masa berlaku atau tanggal expired dari suatu produk, baik itu makanan atau kecantikan.

Mengabaikan produk kadaluarsa untuk diperjualbelikan tentunya membuat masalah tersendiri bagi seorang pembeli, untuk itu kamu harus jadi pembeli yang cerdas agar tidak rugi saat melakukan pembelian pada suatu produk atau barang.

Mengecek kadaluarsa atau expired sebenarnya bukanlah hal yang sulit, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa platform untuk mengecek kadaluarsa yang akan kami ulas di artikel berikut ini.

Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakannya, terutama untuk mengecek kadaluarsa makanan berikut kami akan mengulas satu persatu aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Cek Kadaluarsa Terbaik

BPOM Mobile

BPOM Mobile
BPOM Mobile. (IST)

Pertama, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BPOM Mobile untuk mengecek kadaluarsa suatu barang atau produk yang ingin kamu beli. Aplikasi yang diciptakan oleh BPOM 2018 lalu ini sangat bisa diandalkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa meningkatkan pengawasan pada suatu produk yang sudah terdaftar di BPOM. Aplikasi ini juga akan membantu pengguna untuk mengecek masa expired dengan mudah.

Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan, sehingga tidak akan membebani kinerja ponsel. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store.

  • Pastikan izin GPS dan Kamera sudah diaktifkan (Bersifat wajib karena untuk scan barcode diperlukan data GPS pengguna).
  • Pindai barcode di produk yang ingin kamu scan.
  • Aplikasi akan mengenali 2D Bacode/QR Code secara otomatis dan melakukan pembacaan kode.
  • Hasil dan opsi relevan lainnya akan tampil: List Produk hasil scan
    atau Input NIE jika data tidak ditemukan.

Cek BPOM – Aplikasi Cek Kadaluarsa

Cek BPOM - Apk Cek Kadaluarsa
Cek BPOM – Apk Cek Kadaluarsa. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi Cek BPOM. Aplikasi cek kadaluarsa yang satu ini juga tak kalah menarik untuk digunakan.

Di cek BPOM kamu bisa mengecek data produk yang sudah terdaftar di BPOM. Aplikasi ini sendiri sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Play Store.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Download dan pasang aplikasi Cek BPOM di Google Play Store perangkat yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi jika sudah terpasang.
  • Lalu pilih kategori yang ingin dimasukkan.
  • Kemudian masukkan kata kunci produk kategori yang ingin kamu pilih dan klik tombol pencarian.
  • Sistem aplikasi akan mencari produk kata kunci yang kamu inginkan.
  • Jika nomor produk dan namanya sesuai dengan produk yang terdaftar di data BPOM, maka aplikasi ini akan mengeluarkan hasil yang sesuai, dan sebaliknya jika kata kunci yang kamu masukkan tidak sesuai dengan produk yang terdaftar, maka aplikasi ini tidak akan menemukan data apapun.

Barcode Scanner

Kemudian ada aplikasi barcode scanner. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk melakukan scan, salah satunya untuk menscan produk yang kamu inginkan untuk mengetahui expired dari suatu produk atau makanan.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna ini, memiliki ukuran yang cukup ringan, yaitu sekitar 5,4 MB saja dan kamu bisa mengunduh secara gratis di Play Store.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu menginstalnya dan mengikuti instruksi untuk melakukan pemindaian pada objek atau kode batang yang ingin kamu pindai. Tapi pastikan kamu memiliki koneksi jaringan internet yang stabil saat melakukan pemindaian agar prosesnya berjalan dengan lancar.

BEEP

Terakhir ada aplikasi BEEF. Aplikasi yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu gunakan. BEEP memiliki kemampuan untuk mengecek expayer dari suatu produk dengan mudah.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sama dengan cara penggunaan aplikasi sebelumnya, ini dia langkah-langkahnya:

  • Download dan pasang aplikasi BEEP di perangkat yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Lalu sesuaikan posisi QR Code di produk dengan baik.
  • Nantinya sistem akan memindai produk tersebut dan tunggu sampai informasi dari produk terkait keluar.
  • Selesai.

Itulah beberapa aplikasi cek kadaluarsa yang bisa kamu gunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Cek Grammar

Share.

Leave A Reply