Memantau siklus menstruasi memang perlu dilakukan, selain untuk mengetahui perkiraan tanggal menstruasi di bulan yang kan datang, kamu juga bisa lebih menjaga kesehatan reproduksi dan seksual. Untuk memantaunya, mungkin kamu membutuhkan aplikasi kalender menstruasi.

Ada banyak hal lain yang bisa kamu pantau dari penggunaan platform ini, diantaranya kamu bisa mempersiapkan diri ketika PMS, memprediksi masa subur, dan merencanakan kehamilan untuk pasutri.

Secara umum, menstruasi biasanya memiliki rata-rata periode selama 28 hari, tapi masih ada perempuan yang memiliki siklus hingga 21-40 hari. Untuk mengenali kesehatan reproduksi dan seksual kamu harus mengetahui siklus menstruasi sendiri.

Menariknya, saat ini sudah hadir banyak aplikasi kalender menstruasi dan kesuburan di Google Play Store. Hampir semua aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis.

Tak hanya itu, platform tersebut juga menyediakan layanan yang akan membantu penggunanya untuk mengenal suasana hati dan emosi saat masa menstruasi.

Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakannya, berikut kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi kalender menstruasi yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Kalender Menstruasi Terbaik

Flo Period & Ovulation Tracker

Flo Period Ovulation Tracker
Flo Period Ovulation Tracker. (IST)

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan Flo Period & Ovulation Tracker. Dengan aplikasi ini kamu bisa melacak haid lebih mudah dan cerdas.

Untuk kamu yang belum tahu Flo Period & Ovulation Tracker merupakan layanan pelacak menstruasi, kalkulator kesuburan, kalender menstruasi dan kehamilan untuk wanita yang memiliki prakiraan akurat.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, karena Flo Period & Ovulation Tracker dibekali dengan interface sederhana. Kamu bisa melacak siklus dan masa menstruasi dengan cara mencatat tanggal mulai, selesai, dan alur datang bulan setiap bulannya.

Selain itu, kamu juga bisa melacak gaya hidup dan kebugaran melalui aplikasi ini, kamu hanya perlu menambahkan berat badan, durasi tidur harian, dan konsumsi air setiap harinya. Aplikasi ini akan memberikan masukan hal baik apa yang harus kamu lakukan agar gaya hidup tetap sehat.

Clue Period & Cycle Tracker – Aplikasi Kalender Menstruasi

Clue Period Cycle Tracker - APk Kalender Menstruasi
Clue Period Cycle Tracker – Apk Kalender Menstruasi. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi kalender menstruasi Clue Period & Cycle Tracker. Aplikasi ini memungkinakan kamu tak hanya sekedar melacak menstruasi, karena mereka juga akan membantu kamu untuk mempelajari siklus menstruasi pada tubuh.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan prediksi menstruasi, ovulasi, dan PMS yang akurat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan wawasan tentang faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi masa menstruasi, seperti kulit, stres, tingkat energi dan kekuatan yang bisa berubah sepanjang siklus menstruasi yang kamu lalui.

Adapun beberapa fitur unggulan yang bisa kamu nikmati dari aplikasi ini, mulai dari Pelacak periode, Prediksi periode, Kalender periode, pelacak kesuburan, Pencatat gejala menstruasi, Pengingat KB, Analisis siklus periode menstruasi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Aplikasi Layanan Kesehatan Fisik dan Mental

Kalender Menstruasi

Kalender Menstruasi
Kalender Menstruasi. (IST)

Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memprediksi menstruasi dengan lebih mudah. Kamu juga bisa melacak siklus menstruasi dan ovulasi yang biasa digunakan untuk program kehamilan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk kamu yang memiliki siklus haid tidak teratur maupun teratur setiap bulannya. Kalender Menstruasi juga memungkinkan penggunanya untuk melacak kemungkinan kehamilan setiap hari, hubungan intim, berat badan, lendir serviks, BMI, suhu, gejala dan suasana hati, menstruasi pribadi kamu.

Tenang saja, kamu bisa memasang password atau PIN untuk perlindungan aplikasi agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

Kalender Menstruasi dan Ovulasi

Kalender Menstruasi Ovulasi - Apk Kalender Menstruasi
Kalender Menstruasi Ovulasi – Apk Kalender Menstruasi. (IST)

Kemudian ada platform besutan Leap Fitness Group yaitu Kalender Menstruasi dan Ovulasi. Sama dengan aplikasi lainnya, Kalender Menstruasi dan Ovulasi juga menawarkan layanan untuk menghitung masa haid dan ovulasi yang akurat dan andal.

Menariknya, jika kamu tidak mengingat tanggal haid sebelumnya dan ingin mengetahui kapan harus, aplikasi ini akan membantu kamu untuk memperkirakannya.

Tenang saja, prakiraan aplikasi ini sangat akurat karena dihitung berdasarkan riwayat haid kamu sendiri.

Desain yang ditawarkan apk ini juga menarik dan konsisten dengan panduan desain Google dengan dekorasi cantik, sehingga kamu tidak akan bosan saat menggunakannya. Semua privasi kamu juga akan terlindungi 100% dengan aman, karena tidak ada data pribadi yang harus dikumpulkan saat akan menggunakan apk ini.

Kalender Menstruasi by Simple Innovation

Kalender Menstruasi by SimpleInnovation
Kalender Menstruasi by SimpleInnovation. (IST)

Kalender Menstruasi by Simple Innovation merupakan salah satu platform terbaik yang memiliki tampilan elegan. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melacak siklus menstruasi, ovulasi, dan hari-hari subur dengan lebih mudah.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh wanita yang mengkhawatirkan tentang kehamilan, kontraseptif, atau wanita yang ingin memeriksa seberapa rutin siklus menstruasi setiap bulannya.

Adapun beberapa fitur utama yang dimiliki oleh apk ini mulai dari Kalender intuitif, Pelacak, kalkulator, dan kalender menstruasi, pencadangan data otomatis, pengingat siklus haid di waktu yang akan datang, kode PIN keamanan, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, semua fitur tersebut bisa kamu nikmati secara gratis.

Glow: Ovulation & Period App

Glow
Glow. (IST)

Glow adalah aplikasi modern untuk memantau kesuburan kamu. Dengan aplikasi ini kamu bisa melacak siklus haid dengan memanfaatkan kalkulator ovulasi, kamu juga bisa mempelajari tentang kesehatan reproduksi dengan lebih mudah.

Aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai sumber informasi kesehatan reproduksi dan seksual, karena mereka menyediakan berbagai informasi berupa artikel yang bisa kamu akses secara gratis.

Ada juga fitur komunitas, di mana kamu bisa bergabung ke dalamnya untuk berbagai pandangan dan belajar pengalaman, baik itu mengenai menstruasi, kehamilan, dan tips-tips kesehatan lainnya.

Kalender Menstruasi Lilly – Aplikasi Kalender Menstruasi

Kalender Menstruasi Lilly
Kalender Menstruasi Lilly. (IST)

Kalender Menstruasi Lilly akan membantu kamu untuk mengetahui masa menstruasi, masa subur, dan ovulasi kamu setiap bulannya. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memperkirakan terjadinya kehamilan, dan menghindarinya.

Dibekali dengan desain simple layaknya kalender pada umumnya, membuat aplikasi ini banyak diminati, karena penggunanya bisa lebih mudah untuk melihat kapan masa menstruasi, masa subur, dan masa ovulasi tiba.

Sama dengan apk sebelumnya, Kalender Menstruasi Lilly juga menyediakan forum diskusi, dimana setiap pengguna bisa menyampaikan pendapatnya mengenai menstruasi dan hal lainnya yang berkaitan dengan reproduksi dan seksual.

Clover

Clover
Clover. (IST)

Pada jajaran terakhir ada Clover. Aplikasi baru ini juga tak kalah menarik untuk kamu coba, meskipun mereka hadir dengan fitur sederhana, tapi tetap bisa membantu penggunanya untuk memprakirakan menstruasi secara akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk memprediksi waktu terbaik untuk mencoba hamil dengan memanfaatkan kalkulator ovulasi.

Ada juga fitur edit data yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat catatan dan pengingat saat waktu-waktu reproduksi tiba, baik itu masa ovulasi, subur, menstruasi, dan lainnya.

BACA JUGA: Aplikasi Curhat Psikolog Gratis

Itulah beberapa aplikasi kalender menstruasi yang bisa kamu gunakan secara gratis.

 

Share.

Leave A Reply