HP Realme mati sendiri memang jadi salah satu kendala yang belakangan ini sering terjadi dan dikeluhkan oleh penggunanya, untuk itu pada artikel kali ini kami akan mengulas cara mengatasi HP Realme mati sendiri.

HP Realme memang salah satu smartphone pendatang baru yang hadir di Indonesia, dimana HP ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan dibandrol dengan harga murah.

Tak heran jika banyak pengguna yang tertarik untuk menggunakan smartphone yang satu ini, karena mereka bisa mendapatkan smartphone dengan fitur mumpuni tapi dengan harga terjangkau, terlebih HP ini sangat cocok digunakan untuk bermain game online.

Meskipun Smartphone ini dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, itu bukan berarti HP Realme tidak pernah mengalami kendala, baru-baru ini banyak pengguna yang mengeluhkan HP realme-nya tiba-tiba mati sendiri saat sedang digunakan.

Penyebab dari HP realme yang mati sendiri dan total biasanya terjadi karena memori internal sudah penuh, sehingga membuat kinerja HP tidak optimal dan tidak adanya ruang untuk aplikasi sistem berjalan.

Faktor lainnya yang menyebabkan HP ini mati sendiri yaitu adanya kerusakan pada program dan baterai dengan tingkat keparahan yang tinggi pada hardware HP tersebut.

Biasanya hal tersebut harus diatasi dengan merelakan semua data untuk di reset dan membuat HP kembali ke pengaturan pabrik.

Adapun beberapa cara awal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi HP realme mati sendiri berikut diantaranya.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Penyimpanan WA Penuh

Cara Mengatasi HP Realme Mati Sendiri

Cara Mengatasi HP Realme Mati Sendiri Secara Manual

Pertama kamu bisa mengatasi HP realme mati sendiri secara manual. Cara ini cukup mudah dilakukan, biasanya orang menganggap HP yang mati sendiri karena kehabisan baterai. Tapi setelah dicek lebih detail sebenarnya baterai HP masih ada tapi terdapat masalah yang mengganggu sistem operasi HP tersebut.

Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan secara mandiri untuk mengecek dan mengatasi HP realme berikut diantaranya:

  1. Periksa gejala fisik dan kondisi tombol power HP, pastikan posisi tombol power dalam keadaan normal dan tidak tersangkut. Karena jika tombol power realme tersangkut itulah bisa jadi salah satu penyebab HP realme mati atau melakukan restart sendiri.
  2. Jika HP mati setelah kamu mengoperasikan salah satu aplikasi itu tandanya kamu harus menginstal aplikasi tersebut, biasanya aplikasi tersebut memuat beberapa Malware yang menyebabkan sistem operasi tidak bekerja secara optimal.
  3. Cek memori internal HP Realme, jika penyimpanan hampir penuh dan tidak menyisakan ruang lebih biasanya sistem akan bekerja dengan lambat dan HP akan mati sendiri.
  4. Suhu ruangan yang tinggi juga menyebabkan HP Realme berpotensi mati sendiri, untuk itu pastikan kamu menyimpan HP di tempat yang tepat dan tidak terjangkau dengan sinar matahari secara langsung.
  5. Posisi sim card yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan HP realme mati sendiri, untuk itu pastikan kamu memasang kartu SIM dengan baik dan benar.
  6. Periksa fitur hidup dan mati HP Realme pastikan fitur tersebut aktif atau tidak.
  7. Kamu bisa mengatasi HP realme yang mati sendiri dengan menginstal aplikasi anti-virus yang ada di Play Store. Juga bisa melakukan flash jika hal tersebut tidak berhasil untuk mengatasi HP Realme yang mati sendiri.

Cara Mengatasi HP Realme yang Mati Sendiri dengan Membersihkan Cache

Selanjutnya kamu bisa coba dengan membersihkan cache penyimpanan internal hp tersebut. Karena salah satu penyebab HP realme mati sendiri yaitu sudah lama tidak membersihkan cache, file cache menumpuk.

Apalagi jika smartphone yang kamu gunakan memiliki spesifikasi rendah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache HP Realme:

  • Pertama-tama buka menu pengaturan di HP realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari menu aplikasi.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache nya.
  • Jika kamu sudah berhasil membersihkan cache, semua file yang ada pada aplikasi tersebut akan terhapus secara otomatis. Dan sistem aplikasi akan kembali seperti awal. Tenang saja semua data penting tidak akan terhapus jika tidak mendapatkan konfirmasi atau izin.
  • Selesai.

Cara Mengatasi HP Realme Mati Sendiri dengan Reset Pabrik

Terakhir kamu bisa coba dengan mereset pengaturan HP kembali ke awal. Cara ini merupakan cara terakhir dan paling ampuh yang bisa kamu lakukan.

Tapi sebelum melakukannya pastikan kamu sudah membackup semua data penting yang ada pada HP tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi pengaturan.
  • Lalu cari menu pengaturan sistem.

    Pilih Pengaturan Sistem
    Pilih Pengaturan Sistem. (IST)
  • Jika sudah ada buka menu tersebut dan pilih opsi cadangkan dan reset.

    Cadangkan dan Reset
    Cadangkan dan Reset. (IST)
  • Pastikan kamu sudah mencadangkan semua data penting yang ada ke akun Gmail yang kamu miliki.
  • Jika sudah pilih opsi reset ponsel.

    Reset Ponsel
    Reset Ponsel. (IST)
  • Kemudian pilih jenis reset yang akan kamu lakukan, untuk membersihkan semua data yang ada di HP tersebut secara menyeluruh kamu bisa pilih opsi hapus semua data.

    Hapus Semua Data
    Hapus Semua Data. (IST)
  • Opsi tersebut membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengkonfirmasi perintah yang kamu lakukan. Untuk itu pastikan kamu memiliki baterai HP yang mencukupi sebelum melakukannya.
  • Tunggu proses resep sampai selesai, jika sudah HP akan hidup kembali seperti saat pertama kamu membelinya.

BACA JUGA: Cara Melihat Daftar Blokir di FB Lewat HP Android dan Laptop

Demikianlah cara mengatasi HP realme mati sendiri yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan?

Share.

Leave A Reply