Cara membersihkan memori HP Xiaomi wajib kalian lakukan supaya tidak kehabisan ruang penyimpanan. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir terjadi kendala saat hendak mendownload aplikasi lantaran ruang penyimpanan penuh.

Membersihkan memori internal di handphone, baik Xiaomi maupun merek lainnya menjadi salah satu hal yang cukup penting.

Pasalnya menjadi salah satu bentuk pemeliharaan pada handphone. Jika memori internal HP kalian dibiarkan penuh dan tidak segera menghapus file-file tak penting, maka bisa menyebabkan berbagai kendala.

Dan yang paling terjadi adalah HP menjadi semakin lemot dan beberapa aplikasi sistem tak berfungsi normal bahkan hang.

Seperti kita ketahui, saat ini sejumlah HP termasuk Xiaomi telah dibekali dengan kapasitas memori internal yang besar.

Sehingga pengguna lebih leluasa untuk menyimpan data, menginstall aplikasi, game, dan lainnya. Namun meski memori internalnya besar, lama kelamaan berkas dan data di HP akan terus bertambah seiring pemakaian.

Oleh karena itu, membersihkan memori internal menjadi hal penting yang harus kalian lakukan. Jika masih bingung langkah-langkahnya untuk membersihkan memori internal, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membersihkan Memori HP Xiaomi

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan memori internal di HP Xiaomi semua tipe yang dijamin mudah.

Uninstall aplikasi tak terpakai

Dari sekian banyaknya aplikasi yang ada di HP kamu, pastinya ada beberapa aplikasi atau game yang jarang bahkan tak pernah digunakan lagi.

Entah karena bosan atau apa, dari pada dibiarkan begitu saja lebih baik hapus aplikasinya. Dengan begitu, kapasitas ruang penyimpanan akan lebih leluasa.

Dan metode pertama untuk bersihkan memori internal di HP Xiaomi adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Rutin hapus cache

Seperti yang pernah dibahas pada sejumlah artikel sebelumnya, menghapus cache secara rutin dan berkala cukup penting untuk kalian lakukan.

Meski cache memiliki manfaat, namun jika dibiarkan menumpuk cache bisa dikategorikan sebagai file sampah dan aman jika mau dihapus.

Aplikasi-aplikasi yang memiliki banyak cache biasanya adalah aplikasi media sosial yang menampilkan banyak gambar seperti Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya.

Untuk menghapus cache aplikasi, silakan tekan dan tahan aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Lalu klik Info apl.

Info Apl Untuk Hapus Cache

Klik Hapus data > klik Bersihkan Cache > klik Oke.

Hapus Cache Aplikasi

Setelah ini, cache pada aplikasi tersebut akan terhapus secara permanen. Silakan lakukan metode tersebut lagi pada aplikasi untuk menghapus cache di dalamnya.

BACA JUGA: Cara Mengubah Status Bar Xiaomi Menjadi iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Pakai fitur pembersih bawaan

Cara membersihkan memori internal HP Xiaomi berikutnya bisa juga menggunakan fitur pembersihkan bawaan Xiaomi.

Caranya, silakan buka aplikasi Keamanan lalu klik Pembersih.Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi

Tunggu sampai proses pemindaian cache selesai dilakukan, kemudian klik Bersihkan. Proses pembersihan pun akan dimulai dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Fitur Pembersih Xiaomi

Gunakan fitur Pembersihan lanjutan (deep clean)

Masih pada aplikasi Keamanan, selain membersihkan cache dan memori pada fitur Pembersih, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Pembersihan lanjutan (deep clean)

Cara Membersihkan Memori HP Xiaomi dengan Mudah

Di sini, kalian bisa menghapus foto duplikat atau berlebihan, lalu menghapus aplikasi yang jarang digunakan, menghapus data aplikasi, menghapus berkas besar, menghapus video, dan menghapus paket aplikasi.

Silakan klik Bersihkan sekarang pada kategori yang ingin dihapus. Misalnya, di sini kami memilih menghapus aplikasi, langsung tandai aplikasi yang mau dihapus > klik Uninstall.

Pembersih Lanjutan Xiaomi

Silakan pilih kategori lainnya, kemudian tandai foto, video atau aplikasi yang dirasa sudah tidak penting lagi dan mau dihapus.

Reset HP

Langkah terakhir untuk membersihkan memori internal di HP Xiaomi kalian adalah melakukan reset ke setelan pabrik. Cara ini bisa kalian lakukan ketika HP Xiaomi sudah sangat lemot.

Dengan me-reset HP ke setelan pabrik akan membuat ponsel kembali segar, namun risikonya adalah semua data akan terhapus secara permanen.

Jadi sebelum me-reset, pastikan kalian sudah mem-backup data-data yang penting terlebih dahulu. Klik di sini untuk mengetahui cara reset HP Xiaomi.

BACA JUGA: Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe, Mudah Tanpa Aplikasi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai tata cara membersihkan memori internal HP Xiaomi dengan berbagai metode mudah. Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply