Cara membersihkan RAM HP Xiaomi bisa dilakukan dengan mudah. Ketika RAM sudah dibersihkan, maka penggunaan ponsel yang tadinya lemot karena RAM penuh akan lebih maksimal.

Ya, HP kalian menjadi lemot bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah karena kapasitas RAM dan storage yang terlalu kecil serta sudah penuh.

Perlu kalian ketahui, RAM merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah handphone. Setiap ponsel memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda, ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Namun meski kapasitas RAM kalian besar, tak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan penuh. RAM yang penuh bisa ditandai dengan berbagai kendala yang muncul pada HP.

Di antaranya seperti aplikasi yang sering force close dan HP yang terasa lambat atau lemot. Jika sudah begini, maka kalian sebaiknya segera membersihkan RAM.

Tak perlu khawatir jika kalian belum tahu caranya, karena Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya untuk kalian.

Caranya pun sangat sederhana dan tak ribet sama sekali. Meski begitu, cukup ampuh untuk membersihkan RAM di HP kalian.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Pasti sudah penasaran ‘kan? Langsung simak tutorial berikut ini untuk membersihkan RAM di HP Xiaomi kalian.

Restart HP

Langkah awal dan yang paling sederhana untuk membersihkan RAM HP adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang HP. Walaupun sederhana tapi pastinya ampuh untuk membersihkan RAM HP kalian.

Setelah melakukan restart dan HP menyala kembali, sistem pun akan memulai ulang. Sehingga dipastikan RAM pun akan kembali normal.

Cara restart HP sangat mudah dan pasti kalian sudah mengetahuinya. Caranya yakni dengan menekan tombol power selama beberapa detik lalu klik Mulai ulang.

Bersihkan RAM pakai pembersih bawaan

Cara membersihkan RAM HP Xiaomi berikutnya bisa juga dengan memanfaat fitur bawaan yang ada di HP. Pasalnya, HP Xiaomi telah dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM.

Fitur itu sendiri berupa aplikasi bernama Keamanan. Untuk menggunakannya, silakan buka aplikasi Keamanan.

Untuk membersihkan RAM, silakan pilih opsi Meningkatkan kecepatan > klik Tingkatkan Kecepatan dan pembersihan RAM akan dimulai.

Selain membersihkan RAM, kalian juga membersihkan penyimpanan, mengelola aplikasi, memindai keamanan, dan lainnya.

BACA JUGA: Cara Cek RAM HP Xiaomi Semua Tipe, Cepat dan Akurat!

Bersihkan recent apps secara rutin

Cara membersihkan RAM HP Xiaomi berikutnya ini juga sangat sederhana. Dengan rutin membersihkan recent apps, maka RAM pun akan dibersihkan.

Recent apps memang sangat bermanfaat untuk mengetahui aplikasi apa saja yang baru kita buka. Namun jika dibiarkan, maka akan memakan kapasitas RAM cukup banyak.

Untuk itu, sebaiknya hapuslah RAM secara rutin. Caranya, tap tombol kotak di samping kiri tombol home, lalu klik tombol (x) untuk menghapusnya. Setelah recent apps terhapus, RAM pun akan bertambah.

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Aplikasi bisa menjadi salah satu penyebab ponsel Xiaomi kalian lemot. Pasalnya, baik sedang digunakan atau tidak, ada aplikasi yang tetap memakan RAM.

Jika aplikasi yang jarang kamu pakai termasuk aplikasi yang memakan banyak RAM, sebaiknya segera uninstall aplikasinya sekarang juga.

Apalagi jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting, dan tak masalah jika di-uninstall.Semakin banyak aplikasi yang kalian uninstall, maka semakin bersih pula RAM di HP Xiaomi kalian.

Matikan live wallpaper

Cara membersihkan RAM HP Xiaomi yang satu ini juga cukup efektif. Caranya adalah dengan mematikan live wallpaper di HP kalian.

Karena meski live wallpaper membuat ponsel lebih menarik namun juga memmakan cukup banyak RAM.

Jadi, jika ingin membersihkan RAM, silakan nonaktifkan live wallpaper dan gunakan wallpaper statis saja.

Bersihkan cache

Pada pembahasan sebelumnya, cara menghapus cache di HP Xiaomi sangat penting untuk dilakukan. Karena jika dibiarkan menumpuk bisa membuat ponsel jadi lemot gara-gara RAM penuh.

Cara hapus cache di Xiaomi sangat mudah, kalian pun cukup membuka menu Kelola aplikasi lalu pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya.

Selanjutnya, klik Hapus data > Hapus cache. Dan cache aplikasi pun akan terhapus. Lakukan cara tersebut pada aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran cache besar seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok.

Hapus foto dan video tak penting

Cara terakhir adalah menghapus foto dan video yang tidak penting di HP kalian. Perlu kalian ketahui, aktivitas mengambil, mengirim dan mendownload gambar ternyata memakan cukup banyak ruang pada RAM.

Sehingga pilihlah foto dan video yang tidak penting untuk kemudian dihapus secara permanen dari HP.

BACA JUGA: Cara Menambah RAM HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Sekian pembahasan mengenai cara membersihkan RAM HP Xiaomi semua tipe yang mudah untuk dipraktikkan, kalian pun tak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Share.

Leave A Reply