Saat ini sudah banyak aplikasi monitoring jaringan yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada pada jaringan komputer.

Untuk kamu yang belum tahu, monitoring merupakan sebuah proses pengumpulan analisis terhadap traffic data jaringan yang bisa kamu pantau secara real-time.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah untuk menyusun ulang jaringan komputer, biasanya aplikasi ini digunakan oleh admin jaringan.

Lalu aplikasi monitoring jaringan apa saja yang bisa digunakan di PC atau laptop? Untuk mengetahuinya, yuk, simak artikel di bawah ini.

Daftar Aplikasi Monitoring Jaringan PC

Saat ini terdapat beberapa aplikasi monitoring yang bisa kamu gunakan, baik itu untuk jaringan LAN, WAN, maupun jaringan WiFi. Berikut diantaranya.

GFI LanGuard

GFI LanGuard
GFI LanGuard. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk memantau dan mengelola jaringan pada PC atau laptop untuk jaringan LAN dan WiFi ada GFI LanGuard.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memonitor atau memindahkan sebuah jaringan kecil dan besar dengan cepat.

Menariknya, GFI LanGuard sudah di support oleh beberapa sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Kamu juga bisa mengontrol jaringan sesuai dengan keinginan kamu dengan mudah dimana saja dan kapanpun.

Microsoft Network Monitor – Aplikasi Monitoring Jaringan

Microsoft Network Monitor - Apk Monitoring Jaringan
Microsoft Network Monitor – Apk Monitoring Jaringan. (IST)

Aplikasi monitoring jaringan selanjutnya ada Microsoft Network Monitor. Aplikasi ini dibuat untuk memonitor paket data, dimana kamu bisa melihat, mengcapture, dan melakukan analisis pada traffic jaringan.

Tak kalah menarik dari aplikasi sebelumnya, kamu bisa melakukan troubleshooting jaringan, dimana salah satu fitur utama yang dimiliki apk ini yaitu dukungan protokol publik yang jumlahnya mencapai 300.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan capture sessions pada waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga akan membantu penggunaanya untuk mengetahui lalu lintas data yang dikirim dan diterima oleh komputer dengan mudah.

BACA JUGA: Aplikasi Kuis Penghasil Uang Legal

Nagios

Nagios
Nagios. (IST)

Nagios merupakan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu admin jaringan agar bisa mengelola setiap layanan yang up dan juga running.

Aplikasi ini akan bekerja untuk mengawasi host-host dan layanan lainnya yang sudah diterapkan oleh admin secara otomatis, jika host-host tersebut mengalami masalah atau tidak stabil, maka aplikasi ini akan memberitahu admin jaringan secara otomatis.

Perlu kamu ketahui, Nagios menciptakan layanan aplikasi yang powerfull, dimana semua fitur yang dimiliki aplikasi ini bisa digunakan untuk memonitoring pada jaringan seperti POP3, SMPT, HTTP, NNTP, PING, dan lainnya.

Advanced IP Scanner – Aplikasi Monitoring Jaringan

Advanced IP Scanner - Apk Monitoring Jaringan
Advanced IP Scanner – Apk Monitoring Jaringan. (IST)

Advanced IP Scanner menjadi aplikasi monitoring jaringan terbaik berikutnya yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana, sehingga bisa dimengerti dan digunakan dengan mudah.

Aplikasi ini sendiri akan bekerja secara langsung untuk melakukan pendeteksian pada semua perangkat yang terhubung, termasuk perangkat hardware seperti HP, Printer, nirkabel, dan router WiFi dengan cepat.

Ada juga shared folders yang bisa kamu gunakan untuk remote. Advanced IP Scanner sendiri hadir dalam dua versi, yaitu versi full dan versi portable.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, dimana kamu hanya perlu melakukan pemindaian untuk memonitoring jaringan, setelah itu kau bisa melihat hasilnya untuk mengetahui kira-kira sumber mana yang bisa kamu hubungkan ke masing-masing perangkat.

NetXMS

NetXMS
NetXMS. (IST)

Seperti apk monitoring jaringan pada umumnya, NetXMS juga akan menampilkan informasi dalam bentuk grafis yang simpel, sehingga mudah dimengerti oleh penggunanya.

Menariknya, layanan monitoring ini sudah kompatibel dengan semua sistem operasi yang ada, tak heran jika apk ini masuk ke daftar layanan monitoring jaringan terbaik.

Beberapa fitur yang ada pada apk ini sendiri juga cukup lengkap, yaitu engine basis data, auto discovery, monitoring jaringan yang terdistribusi, analisis jaringan, dan masih banyak lagi.

Netmonk

Netmonk
Netmonk. (IST)

Netmonk merupakan salah satu platform monitoring terbaik yang dibekali dengan berbagai fitur canggih, dimana semua infrastruktur yang ada bisa berjalan dengan optimal dan efisien.

Aplikasi karya anak bangsa ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Golang, React js, dan tentunya didukung oleh implementasi on cloud system.

Dengan adanya apk ini, akan mempermudah tim IT untuk mendapatkan informasi secara end-to-end jaringan dan tentunya real-time.

Capsa Free

Capsa Free
Capsa Free. (IST)

Rekomendasi terakhir yang bisa kamu gunakan ada Capsa Free. Aplikasi yang satu ini diklaim sebagai aplikasi terbaik karena mampu menganalisis traffic jaringan.

Aplikasi ini sudah mendapatkan dukungan protokol jaringan yang jumlahnya lebih dari 300. Terlebih software yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan kustomisasi protokol, memonitor email, laporan yang bisa diedit, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menugnjungi laman resminya di https://www.colasoft.com/capsa-free/ untuk mendapatkan aplikasi ini.

BACA JUGA: Aplikasi Penguat Sinyal Telkomsel

Itulah beberapa aplikasi monitoring jaringan yang bisa kamu gunakan untuk mengelola jaringan dengan lebih mudah.

 

Share.

Leave A Reply