Saat ini, perkembangan teknologi membuat kita para pengguna internet kadang tidak ingin direpotkan dengan berbagai hal, terutama saat mencari sesuatu. Untuk itu kamu harus memiliki mesin pencari selain Google jika sewaktu-waktu layanan tersebut tidak beroperasi dengan baik.

Seperti kita ketahui, mesin penari bisa mempermudah siapapun untuk mencari informasi dan data penting, di mana kamu hanya perlu memasukkan kata kunci pencarian untuk menemukan informasi yang kamu inginkan.

Jika sebelumnya kamu terbiasa menggunakan Google dan hanya mengenal layanan tersebut, maka kini kamu harus berkembang dan mencari mesin pencari lain untuk mempermudah proses pencarian.

Dibentuk pada tahun 1998, Google saat ini memang jadi salah satu mesin pencari utama yang digunakan sekitar 78% pengguna internet. Hanya saja keamanan data yang kamu berikan akan terekam dan tersebar kepada para pengiklan.

Jika kamu merasa tidak aman, kamu bisa coba menggunakan mesin pencari lainnya yang tentunya aman digunakan dan memiliki keunggulan untuk menunjang aktivitas yang kamu lakukan di mesin pencarian.

Penasaran ada mesin pencari apa saja? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Daftar Mesin Pencari Selain Google yang Aman Digunakan

Yahoo Search

Yahoo Search
Yahoo Search. (IST)

Mesin pencari pertama yang bisa kamu gunakan ada Yahoo Search. Layanan yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu coba.

Yahoo Search diciptakan pada tahun 1995, dimana layanan ini jadi salah satu layanan pesaing Google di awal tahun 2000-an. Layanan ini sendiri memiliki layanan lain yang bisa kamu gunakan, seperti Yahoo! Mail, Sports, Finance, dan masih banyak lagi yang tentunya bisa kamu gunakan secara real-time.

Menariknya, saat ini Yahoo! sudah bekerja sama dengan microsoft dan Bing untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, hal tersebut bisa kamu lihat dari kesamaan dari fitur yang dimiliki keuda layanan tersebut.

Yahoo Search juga memiliki antarmuka yang sederhana layaknya Googe, jadi kamu bisa menggunakannya dengan mudah tanpa perlu panduan khusus.

Bing – Mesin Pencari Selain Google

Bing - Mesin Pencari Selain Google
Bing – Mesin Pencari Selain Google. (IST)

Mesin pencari selain Google selanjutnya yang bisa kamu gunakan ada Bing. Layanan yang satu ini menawarkan berbagai jenis bentuk informasi yang bisa kamu temukan dalam satu halaman awal yang mirip dengan layanan sebelumnya.

Informasi yang kamu dapatkan tersebut berupa gambar, video, hingga berita terkait kata kunci dari informasi yang sedang kamu cari.

Bing sendiri memiliki tampilan halaman awal yang mirip dengan Yahoo Search, dimana backgroundnya yang tidak statis. Kamu juga bisa menemukan menu untuk mengakses program Microsoft di layanan ini karena Bing sudah bekerja sama dengan layanan tersebut sejak lama.

BACA JUGA: Aplikasi Selain Tiktok

DuckDuckGo

DuckDuckGo
DuckDuckGo. (IST)

DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari berikutnya yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, dimana mereka memiliki tagline “Privacy, Simplified”, yang artinya layanan ini akan menjamin privasi data yang kamu berikan saat melakukan pencarian, sehingga pencarian yang kamu lakukan tidak akan terdeteksi oleh pengiklan.

Menariknya, dengan layanan ini kamu bisa mencari apapun yang kamu mau tanpa takut ada virus atau malware berbahaya yang menyerang perangkat yang kamu gunakan.

Tapi, kamu tetap harus berhati-hati saat membuka suatu situs yang belum kamu ketahui keamanannya.

Yandex

Yandex - Mesin Pencari Selain Google
Yandex – Mesin Pencari Selain Google. (IST)

Mesin pencari selain Google berikutnya yang bisa kamu gunakan ada Yandex. Layanan ini merupakan contoh mesin yang dibuat oleh Rusia. Mereka memiliki komitmen untuk membantu konsumen menjalankan bisnis di dunia online dan offline dengan lebih leluasa.

Yandex menawarkan berbagai fitur unggulan sebagai pengganti Google. Kamu juga bisa menggunakan layanan ini tak hanya untuk mencari informasi saja, kamu juga bisa menampilkan layanan lainnya di halaman awal pencarian seperti gambar, video, email, penerjemah, hingga App Metrica.

Baidu

Baidu
Baidu. (IST)

Tak kalah menarik dengan layanan mesin pencari lainnya. Baidu juga bisa kamu gunakan untuk mencari informasi dengan mudah. Bahkan, Baidu diklaim sebagai mesin pencari nya China karena layanani ni sudah menguasai lebih dari setengah market share di China sejak 2018 lalu.

Bidu juga menawarkan layanan nonton video pengganti YouTube atau dikenal dengan Bilibili. Kamu juga bisa menggunakan mesin pencari ini untuk mempelajari bahasa Mandarin, karena semua lamanya menggunakan aksara Han.

Swisscows

Swisscows
Swisscows. (IST)

Sesuai dengan namanya, layanan ini berasal dari negara Swiss. Swisscows merupakan layanan mesin pencarian yang berkomitmen, dimana mereka sangat menjaga keamanan data dan privasi penggunanya.

Sama seperti Google, layanan ini juga menampilkan hasil pencarian berdasarkan informasi umum, gambar, musik, berita, video, hingga penerjemah.

Selain itu, Swisscows juga menawarkan layanan Swisscows Digest, dimana layanan tersebut berupa mesin yang akan mengekstrak informasi dari sebuah artikel dan membagikannya menjadi kata kunci berupa paragraf-paragraf penting.

StartPage

StartPage
StartPage. (IST)

Kemudian ada StartPage. Layanan yang satu ini mengklaim bahwa mereka menyimpan data pribadi sendiri dengan aman dan tidak disimpan di Big Data. Jadi mereka sangan menjamin tidak akan mengambil data yang penggunanya input di mesin pencari.

Menariknya, mesin pencari StartPage membeli fitur pencarian yang disediakan oleh Google dan memiliki fasilitas untuk menghilangkan personalized ads.

Dengan begitu, kamu bisa mencari apapun melalui StartPage tanpa takut terdeteksi.

Ask

Ask
Ask. (IST)

Pada jajaran terakhir, kamu bisa memanfaatkan Ask. Meski saat ini Ask.fm sudah dikuasai oleh Ask.com, tapi kedua website ini berbeda. Jika pada mesin pencari Ask.fm ini kamu akan disuguhkan dengan tampilan seperti media sosial.

Dimana hasil pencarian yang dikeluarkan oleh layanan ini juga terbagi jadi dua tipe yaitu informasi umum atau video.

BACA JUGA: Aplikasi Penghilang Iklan

Itulah beberapa mesin pencari selain Google yang bisa kamu gunakan dan tentunya aman dan gratis. Tapi pastikan koneksi internet yang kamu miliki stabil saat menggunakannya.

Share.

Leave A Reply