Cara menggandakan aplikasi di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13 ternyata berbeda dari versi MIUI sebelumnya. Wajar saja banyak pengguna yang kebingungan ketika ingin mengandakan aplikasi di ponselnya.

Ya, di HP Xiaomi pengguna bisa membuat aplikasi menjadi ganda tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan lainnya lagi alias menggunakan fitur bawaan.

Namun ketika meng-update versi MIUI, terkadang beberapa pengguna perlu beradaptasi pada MIUI yang baru.

Pasalnya, terkadang ada beberapa fitur yang letaknya berubah, termasuk juga saat hendak menggandakan aplikasi yang terinstall di HP.

Dengan fitur aplikasi ganda, memungkinkan sebuah ponsel mempunyai aplikasi lebih dari satu pada satu HP.

Tentunya fitur tersebut sangat bermanfaat bagi para penggunanya, terutama bagi mereka yang mempunyai mobilitas yang tinggi dalam menggunakan media sosial, aplikasi chatting, dan lainnya.

Misalnya kamu ingin membuat aplikasi WhatsApp jadi ganda, maka kamu bisa menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel, guys.

Satu akun WhatsApp bisa untuk keperluan bisnis, dan satu akun lagi untuk kepentingan pribadi. Sangat menarik, bukan?

Selain WhatsApp, kamu juga bisa menggandakan aplikasi lainnya sesuai keinginan.

Mereka dapat menggandakan aplikasi tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika pada MIUI sebelumnya pengguna bisa menggandakan aplikasi melalui menu Setelan, namun pada MIUI 12.5 dan 13 sangat berbeda.

Agar kalian tak kebingungan lagi, Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya untuk kalian pada pembahasan kali ini.

Cara Menggandakan Aplikasi di Xiaomi

Di bawah ini adalah satu persatu cara untuk menggandakan aplikasi di HP Xiaomi tanpa menginstall aplikasi pihak ketiga.

Tutorial ini khusus bagi pengguna yang sudah upgrade ke MIUI 12.5 atau 13 dan kehilangan fitur Aplikasi Ganda di menu Setelan.

Buka aplikasi GetApps

Jika fitur Aplikasi Ganda pada MIUI sebelumnya ada di menu Setelan, lain halnya untuk menggandakan aplikasi di MIUI 13 kalian harus membuka aplikasi GetApps.

GetApps

Silakan buka aplikasi GetApps lalu klik menu Saya untuk membuka profil. Nah, pada menu Saya tampil berbagai opsi menu.

Fitur Aplikasi Ganda

Di antaranya seperti Uninstall apl, Pembersih WhatsApp, Aplikasi ganda, Pembersih, Konsumsi baterai, Kelola Unduhan, Pindai keamanan, dan Berbagi berkas.

BACA JUGA: Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi

Klik Aplikasi ganda

Dari sekian banyaknya opsi menu, silakan klik Aplikasi ganda untuk menggandakan aplikasi. Selanjutnya, klik Buat.

Cara Menggandakan Aplikasi

Akan tampil laman Rekomendasi dan aplikasi yang mendukung fitur aplikasi ganda. Silakan pilih aplikasi yang akan digandakan.

Cara Menggandakan Aplikasi di HP Xiaomi

Misalnya kami memilh menggandakan aplikasi Instagram, maka klik Instagram > geser toggle Aplikasi ganda > klik Hidupkan.

Menggandakan Aplikasi

Tunggu beberapa saat sampai prose pembuatan aplikasi ganda selesai dilakukan. Jika sudah selesai, maka kamu bisa melihat ada dua aplikasi Instagram di HP kamu.

Aplikasi Ganda

Setelan aplikasi ganda

Untuk membuka setelan aplikasi ganda, silakan klik icon settings di pojok kanan atas. Terdapat opsi menu Hapus akun aplikasi ganda, Tentang Aplikasi ganda, Kebijakan Privasi, dan Animasi saat dibuka.

Pengaturan Aplikasi Ganda

Kamu bisa mengklik Hapus akun aplikasi ganda jika sewaktu-waktu ingin menghapus aplikasi ganda. Namun, menghapus aplikasi ganda berarti menghapus juga semua akun dan data yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui juga, menggunakan aplikasi ganda bisa membuat kinerja ponsel menjadi berat. Apalagi jika menggandakan aplikasi sosial.

Aplikasi sosial memerlukan akses berjalan di background, yang artinya menggunakan lebih banyak RAM.

Untuk itu, fitur aplikasi ganda ini sebaiknya tidak digunakan pada perangkat dengan spesifikasi entry-level. Tak menutup kemungkinan kinerja ponselmu jadi melambat.

BACA JUGA: Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Akun Mi dan Email

Sekian pembahasan tentang cara menggandakan aplikasi di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13. Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply