Cara membuka kunci HP dengan deteksi wajah (face unlock) bisa dilakukan tanpa aplikasi. Ada banyak smartphone yang sudah yang dibekali dengan fitur face unlock, salah satunya adalah ponsel Xiaomi.

Dan pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap mengenai cara mengaktifkan face unlock atau deteksi wajah di HP Xiaomi.

Face unlock merupakan salah satu fitur canggih yang menarik untuk dicoba. Fitur tersebut menjadi sebuah alternatif sistem keamanan lama seperti PIN dan pola.

Face unlock dapat mempermudah kita dalam membuka ponsel tanpa harus memasukkan PIN, pola atau sidik jari. Cukup arahkan ponsel ke depan wajah, maka kunci layar akan langsung terbuka dengan sendirinya.

Fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang memiliki aktivitas sibuk atau suka dengan hal-hal yang praktis. Kalian pun tak perlu menggunakan cara lama dalam membuka kunci layar.

Meski menawarkan kemudahan, masih saja banyak pengguna yang kebingungan dengan cara mengaktifkannya. Padahal kita hanya harus masuk ke menu pengaturan HP dan mencari fitur face unlock di setiap opsi menu yang tampil.

Ya, untuk bisa menggunakan fitur face unlock kita memang harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Pasalnya, kita juga harus memasukkan identitas wajah ke daftar sistem ponsel Android sebagai tanda pengenal (trusted face).

Menariknya, kita bisa memasukkan lebih dari satu data wajah. Sehingga kamu bisa memasukkan beberapa data wajah, misalnya pasanganmu atau orang-orang terdekat lainnya.

Namun pastikan kamu sudah sangat mempercayainya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa berakibat buruk padamu.

Nah, bagi pengguna yang ingin membuka kunci HP Xiaomi dengan deteksi wajah (face unlock), simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuka Kunci HP dengan Deteksi Wajah

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur face unlock di HP Xiaomi kalian. Kali ini kami menggunakan HP Xiaomi dengan MIUI 13.

Buka Setelan HP

Seperti dikatakan tadi, fitur face unlock ini bisa diaktifkan melalui Setelan HP. Untuk itu, silakan buka aplikasi Setelan di HP Xiaomi kalian.

Scroll ke bawah dan klik opsi menu Layar kunci. Di menu ini kalian bisa melakukan kustomisasi pengaturan layar kunci, mulai dari waktu tidur hingga sandi dan keamanan.

Cara Mengaktifkan Face Unlock

Pilih menu Sandi & keamanan

Scroll lagi sampai ke yang paling bawah dan klik Sandi & keamanan, lalu klik Buka kunci dengan wajah. Masukkan kata sandi kunci layar HP kalian.

Cara Membuka Kunci HP dengan Face Unlock

Kemudian, tambahkan data wajah> klik Mulai.

Tambahkan Data Wajah

Tapi, akan muncul pop up peringatan terlebih dahulu yang menginformasikan bahwa buka kunci dengan deteksi wajah kurang aman dibandingkan dengan PIN, sandi, atau pola. 

Perangkatmu mungkin bisa dibuka dengan foto kamu atau foto orang lain objek dengan penampilan yang mirip. Jika sudah yakin ingin tetap mengaktifkan deteksi wajah > klik Berikutnya.

Pop up Peringatan

Tambahkan data wajah untuk membuka HP dengan deteksi wajah

Arahkan layar HP ke wajah kalian, pastikan wajah tidak tertutup dan tampak jelas. Wajah Anda juga harus cukup terang.

Cara Membuka Kunci HP Xiaomi dengan Deteksi Wajah

Data wajah pun berhasil ditambahkan > klik Selesai. Untuk mengecek apakah kunci deteksi wajah ini berfungsi, silakan matikan layar HP kalian lalu arahkan HP ke wajah, pastinya ponselmu akan langsung terbuka.

Data Wajah Berhasil Ditambahkan

Kemudian, kalian juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan di face unlock, seperti Tetap di Layar kunci setelah membuka kunci, Menampilkan rinican notifikasi setiap kali memverifikasi data wajah, Izinkan buka kunci dengan wajah saat layar nyala.

Pengaturan Face Unlock

BACA JUGA: Cara Membuat Nama di Atas Layar HP Xiaomi Terbaru

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuka kunci HP Xiaomi dengan deteksi wajah. Semoga dapat bermanfaat!

Share.

Leave A Reply