Aplikasi Tanggap Bencana – Di awal tahun 2021, banyak bencana terjadi di beberapa daerah di Indonesia, seperti tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kalimantan Selatan, gempa bumi di Sulawesi Barat, aktifnya Gunung Semeru dan Gunung Merapi sampai yang terbaru adalah gelombang tinggi di pesisir Manado.

Bahkan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat satu rilisan bahwa dari tanggal 1 sampai 16 Januari 2021, tercatat sudah ada sebanyak 136 bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar terus waspada dengan segala kemungkinan bencana yang akan terus bermunculan dari bulan Januari sampai Maret 2021.

Oleh karenanya, selain dapat terus memantau perkembangan melalui media elektronik, internet maupun surat kabar, Anda juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi terkait dengan hal tersebut yang dapat diakses melalui smartphone.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi tanggap bencana berbahasa Indonesia yang dapat diunduh di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Tanggap Bencana

MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia
MAGMA Indonesia. (IST)

MAGMA Indonesia adalah aplikasi yang diciptakan oleh Tim Developer PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM untuk mengetahui informasi terkait dengan aktivitas gunung berapi, pergerakan tanah yang dapat menimbulkan gempa bumi dan tanah longsor sampai dengan tsunami secara akurat dan real-time.

Fitur-fitur di dalamnya meliputi Informasi Aktivitas Gunungapi (Volcanic Activity Report/VAR), Informasi Letusan/Abu Vulkanik untuk Penerbangan (Volcano Observatory Notice for Aviation/VONA), Informasi status tingkat aktivitas gunung api secara keseluruhan sampai dengan Community Reporting System

Info BMKG – Aplikasi Tanggap Bencana

Info BMKG
Info BMKG. (IST)

Info BMKG ini memang bukan aplikasi untuk mendeteksi bencana atau mengumumkan semua informasi terkait bencana alam yang terjadi, melainkan sebagai media untuk mengetahui cuaca, kualitas air sampai dengan iklim yang terjadi di Indonesia. Aplikasi satu ini diciptakan oleh tim pengembang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Fitur-fitur di dalamnya meliputi Weather forecast, Earthquake, Climate, Air Quality, Marine Weather, Aviation Weather sampai dengan BMKG’s Press Release dan Notification. Aplikasi ini juga tersedia dalam beberapa bahasa.

BACA JUGA: Aplikasi Pengelola Keuangan Gratis

WRS-BMKG

Selain Info BMKG, tim developer Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika juga menciptakan aplikasi lain yang dinamakan WRS-BMKG. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai penyebar informasi valid terkait dengan aktivitas pergerakan tanah dan gempa bumi serta munculnya tsunami di wilayah Indonesia.

Fitur-fitur di dalamnya meliputi peta guncangan/ shakemap, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, tabular perkiraan level warning, jarak pusat gempa dengan lokasi pengguna sampai dengan Siaran Pers BMKG.

I-Tangguh Apps – Aplikasi Tanggap Bencana

I-Tangguh Apps merupakan aplikasi tanggap bencana yang diciptakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Seperti halnya WRS-BMKG atau juga Info BMKG, I-Tangguh Apps ini juga dapat digunakan untuk mengetahui informasi bencana yang terjadi serta update data bencana secara real-time dan terpercaya.

Fitur-fitur di dalamnya antara lain Notifikasi Data Bencana Sementara, Data Detail Bencana Sementara, Laporan Data Bencana Sementara, Laporan dan Executive Summary Bencana sampai dengan layanan untuk menghubungi Pusdalops.

inaRISK Personal

Masih merupakan produk buatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), inaRISK Personal juga sebuah aplikasi tanggap bencana yang dapat memberitahukan prediksi bencana yang akan atau sudah terjadi di sekitar atau di dekat sang pengguna aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pengguna dapat mengetahui secara cepat apabila akan terjadi bencana.

Fitur-fitur di dalamnya berupa peta bencana sampai beserta informasi terkait termasuk jumlah magnitudonya dan terdapat juga informasi-informasi selain bencana alam, seperti Covid-19.

BACA JUGA: Aplikasi Font Aesthetic

Itulah daftar aplikasi tanggap bencana yang bisa kamu gunakan utuk mendapatkan informasi bencana yang ada di Indonesia secara tepat dan cepat.

 

Share.

Leave A Reply