HP Realme panas memang jadi salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh penggunanya, untuk itu kami akan mengulas cara mengatasi HP Realme cepat panas yang bisa kamu lakukan.

Agar HP yang kamu gunakan tidak cepat panas, kamu bisa menghindari berbagai penyebab HP menjadi panas, hal tersebut dilakukan agar kamu bisa menghindari hal tersebut, lebih tepatnya untuk mengatasinya.

Dengan mengetahui penyebab HP Realme cepat panas, kamu bisa tenang dan tidak panik jika HP yang kamu gunakan panas secara tiba-tiba. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Apa Penyebab HP Cepat Panas?

Saat ini terdapat beberapa hal yang diklaim menyebabkan HP cepat panas, terutama pada HP Realme.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan HP cepat panas yaitu baterai yang sudah tidak sehat lagi, tapi terkadang ada beberapa perilaku pengguna HP yang menyebabkan kondisi HP menjadi lebih panas dibandingkan biasanya.

Pada saat HP yang kamu gunakan menjadi panas, tentunya menggunakannya juga tidak nyaman. Nah, berikut ada beberapa penyebab HP Realme cepat panas yang harus kamu hindari:

1. Menggunakan HP Saat di Charger

Kamu harus menghindari penggunaan HP saat sedang di charger atau saat sedang mengisi daya. Karena jika hal ini dilakukan biasanya HP akan cepat panas karena pengisian daya yang dilakukan terganggu oleh adanya kinerja pada HP tersebut.

BACA JUGA: Cara Melihat Penggunaan Data di HP Realme

2. Terlalu Banyak Memasang Widget

Penyebab selanjutnya yang membuat HP Realme cepat panas yaitu dengan memasang terlalu banyak widget. Widget memang akan memudahkan pengguna dalam mengakses menu-menu tertentu yang sering digunakan setiap harinya.

Tapi apakah kamu tahu, menggunakan banyak widget akan membebani kinerja ponsel tersebut? Untuk itu hindari terlalu banyak memasang widget di HP Realme sekalipun HP tersebut dibekali dengan RAM yang besar.

3. Banyaknya Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Penyebab berikutnya yang mengakibatkan HP Realme cepat panas yaitu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang saat HP sedang digunakan. Untuk itu kamu harus menutup beberapa aplikasi terlebih dahulu, agar HP tidak panas, karena kinerjanya akan terasa lebih berat jika banyak aplikasi yang beroperasi di latar belakang.

Cara Mengatasi HP Realme Cepat Panas

Setelah mencari tahu tentang berbagai penyebabnya, maka berikutnya Anda tinggal mencari cara mengatasi HP Realme cepat panas. Pada saat Anda sudah tahu penyebabnya, maka untuk solusinya tinggal menyesuaikan saja.

Berikut adalah berbagai cara yang dapat digunakan saat HP Realme cepat panas:

1. Gunakan Charger Original

Pada saat HP Charger Realme rusak, biasanya orang akan memilih untuk membeli charger KW. Alasannya tentu karena ingin mendapatkan barang yang sama dengan harga yang pastinya akan lebih terjangkau dibandingkan beli original.

Namun, ternyata hal yang terlihat sepele tersebut juga dapat membuat HP jadi lebih cepat panas. Bahkan, lebih buruk lagi jika charger KW yang digunakan tidak berkualitas maka bisa saja membuat baterai HP Anda rusak.

Nah, jika masalah ini sudah terlanjur terjadi, maka cara mengatasi HP Realme cepat panas yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti lagi charger ke yang original. Anda bisa membelinya di toko resmi Realme untuk mendapatkan charger ori.

2. Hindari Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Apabila Anda merupakan pengguna yang sering main HP saat mengisi daya, maka mulai sekarang hal itu harus dihentikan. Dengan menghindari menggunakan HP saat di charge, maka itu bisa menjadi cara mengatasi HP Realme cepat panas.

Pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakan HP untuk menjalankan aplikasi berat pada saat sedang di charge. Apabila tidak kunjung diubah perilaku tersebut, maka bisa saja HP menjadi panas atau paling parah bisa meledak karena overheat.

3. Berikan HP Waktu Istirahat

Selanjutnya, untuk cara mengatasi HP Realme cepat panas karena terlalu sering digunakan adalah dengan memberikan HP waktu istirahat. Sebagai contoh, Anda dapat membatasi waktu bermain game di HP selama beberapa jam saja.

Meskipun terlihat cukup sederhana, namun hal ini dapat membuat kinerja RAM menjadi lebih terjaga. Alhasil, nantinya HP Realme tidak akan menjadi cepat panas karena RAM bekerja terlalu berat.

4. Gunakan Aplikasi Power Saver

Cara berikutnya untuk membuat HP Realme jadi tidak cepat panas adalah dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Jadi, intinya adalah cara mengatasi HP Realme cepat panas ini dengan menginstal aplikasi power saver.

Pada aplikasi ini tersedia berbagai macam fitur yang membuat aplikasi dapat lebih terjaga penggunaannya. Artinya, power saver akan membuat aplikasi di non-aktifkan secara otomatis sehingga HP dapat berada di kondisi stabil.

5. Jangan Mengisi Daya Terlalu Lama

Biasanya, para pengguna kerap lupa untuk mencabut charger saat sedang mengisi daya. Hal ini jika dibiarkan tentu akan mengganggu kinerja baterai HP sehingga bisa menjadi cepat panas saat digunakan.

Nah, untuk cara mengatasi HP Realme cepat panas karena pengisian daya terlalu lama, Anda harus lebih hati-hati saat mengisi daya. Artinya, usahakan pada saat pengisian daya sudah mencapai 100%, Anda segera mencabut kabel charger.

BACA JUGA: Cara Top Up OVO dari DANA Terbaru

Demikianlah cara mengatasi HP Realme cepat panas yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lebih nyaman saat menggunakan smartphone tersebut.

Share.

Leave A Reply