Saat ini sudah tersedia aplikasi Android untuk membuat ebook gratis. Hal tersebut tentunya jadi daya tarik tersendiri dimana penggunanya jadi bisa membuat dan mengaksesnya kapan saja dan dimanapun.

Ebook jadi pengganti buku cetak yang lebih praktis untuk membaca dimanapun dan kapanpun. Dengan membaca ebook, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Pertama karena ebook lebih murah, bahkan bisa 2-3 kali lebih murah daripada buku cetak. Kedua, ebook juga tidak akan rusak seperti tertekuk, kotor, bahkan sobek atau terkena coretan.

Asalkan gadget Anda aman terhindar dari virus, maka ebook akan tersimpan dengan aman kecuali Anda sendiri yang menghapusnya. Ketiga, fleksibel mudah dibawa dan tak perlu banyak ruang karena bisa disimpan di gadget.

Nah, jika kamu tertarik, kamu bisa coba beberapa aplikasi pembuat ebook di bawah ini yang bisa kamu akses secara gratis di smartphone Android.

Daftar Aplikasi Membuat Ebook untuk Android

1. PDF

PDF
PDF. (IST)

Adobe PDF menjadi format ebook yang paling umum digunakan. Apalagi jika Anda membuka situs web apapun yang menawarkan ebook gratis.

Umumnya Anda akan mendapatkannya dalam bentuk PDF. Hal ini karena sebagian besar komputer dan smartphone bisa membuka file PDF dengan pembaca PDF yang sebelumnya sudah terpasang pada masing-masing perangkat.

Maka itulah sebabnya PDF ini menjadi aplikasi membuat ebook dan tentunya aplikasi ini juga gratis.

2. Google Docs – Aplikasi Membuat Ebook

Google Docs - Apk Membuat Ebook
Google Docs – Apk Membuat Ebook. (IST)

Google memang selalu berinovasi menghadirkan sebuah kebaruan yang bisa membantu Anda menyelesaikan setiap kebutuhan pekerjaan Anda dengan mudah.

Dengan Google Docs, Anda bisa membuat ebook secara gratis dan menyimpan file dalam bentuk ePUB. Namun, Anda harus online untuk menyimpan atau mendownload tulisan tersebut, baik file pdf, epub, atau word.

Bahkan Anda bisa menambahkan editor dan melacak pengeditan serta komentar secara real time.

BACA JUGA: Aplikasi Kursus Online

3. Mobipocket

Mobipocket
Mobipocket. (IST)

Mobipocket pada awalnya hanya digunakan untuk e-reader. Namun seiring berjalannya waktu, kini format .mobi bisa digunakan oleh pembaca ebook yang lebih populer.

Bahkan termasuk Amazon Kindle dan aplikasi Kindle untuk iOS dan Android. Secara visual format ini sangat menarik karena untuk mengubah halaman dan mengalokasikan halaman.

4. iBook

iBook adalah format eksklusif untuk semua ebook yang dijual di toko Apple iBooks yang dibangun dengan standar EPUB.

Namun untuk menambah pembatasan sehingga hanya bisa dijual dan dibeli dalam dunia Apple iBooks, maka format iBook tidak kompatibel dengan pembaca yang bisa membaca format .ubud standar.

Setelah Anda mengerti dan terbiasa dengan format ini, Anda bisa memilih mana yang cocok untuk ebook Anda.

5. ePUBee

ePUBee merupakan aplikasi membuat ebook gratis yang telah langsung terhubung dengan Microsoft Award.

Dengan tampilan yang sederhana dan efektif, aplikasi ePUBee bisa menjadi solusi Anda membuat ebook yang mudah.

Apabila telah selesai menulis ebook di MS Word, Anda bisa mengkonversi dokumen tersebut menjadi ekstensi PDF dan ePUBee dengan klik opsi pada bilah alat ePUBee Maker setelah menyelesaikan file teks dan ebook Anda siap untuk dicetak.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

 

 

 

Share.

Leave A Reply