Cara memindahkan kontak ke HP lain atau ke HP yang baru bisa dilakukan dengan mudah oleh semua pengguna. Ada beberapa metode yang bisa dipilih dan semuanya dijamin mudah untuk dipraktikkan.

Dengan dua metode tersebut kamu tak perlu memasukkan satu persatu nomor telepon ke HP yang baru. Cukup dengan beberapa langkah saja, kontak yang ada HP lama akan muncul di HP yang baru.

Memindahkan ke HP lain yang hendak kita gunakan nantinya tentu sangat penting agar kita bisa menghubungi mereka dengan mudah walau sudah berganti HP.

Jika tidak dipindahkan, sudah dipastikan nomor telepon tidak akan tersimpan di HP yang baru. Hal itu pun membuat kita kesulitan untuk menghubungi mereka.

Ketika hendak berganti HP, kita harus segera memindahkan data-data penting supaya mempermudah mengaksesnya lagi jika diperlukan.

Beberapa data yang penting adalah foto, video, dan kontak telepon. Jika memindahkan foto atau video sudah kamu lakukan, maka tinggal memindahkan kontak telepon di HP kamu.

Tak sedikit pengguna yang merasa malas memindahkan kontak ke HP yang baru katena dianggap ribet. Memang ribet jika kalian menggunakan cara manual.

Lain halnya ketika menggunakan cara alternatif, prosesnya sangat mudah dan cepat. Hanya perlu melakukan beberapa langkah saja, nomor lontak pun akan muncul di HP yang baru.

Jika masih bingung dengan bagaimana caranya, langsung simak tutorial lengkapnya yang akan kami bahas di artikel ini satu persatu.

Cara Memindahkan Kontak ke HP Lain Sekaligus

Di bawah ini kami akan membahas dua metode untuk pindahkan kontak ke HP lain tanpa ribet dan cepat. Kamu bisa pilih salah satu dari metodenya.

Pindahkan kontak lewat kartu SIM

Cara memindahkan kontak ke HP lain yang pertama adalah melalui kartu SIM. Sehingga ketika kartu SIM dipindahkan ke HP yang baru, kontak pun akan ikut muncul.

Namun memindahkan kontak ke kartu SIM memiliki kekurangan, yakni jumlah kontak yang bisa dipindahkan atau disimpan di dalam kartu SIM terbatas.

Kartu SIM yang mampu menampung sekitar 250 kontak saja. Sehingga jika kamu memiliki kontak lebih dari jumlah tersebut, bisa dipastikan tak semua bisa ter-backup.

  • Langkah pertama untuk memindahkan kontak ke HP baru dengan melalui kartu SIM, silakan buka aplikasi di HP kamu.
  • Kemudian, klik icon gerigi atau pengaturan di pojok kanan atas > klik Impor/Ekspor kontak.

Cara Memindahkan Kontak ke HP yang Lain

  • Lihat di bagian menu Ekspor. Silakan pilih opsi menu Ekspor ke kartu SIM 1 atau ke kartu SIM 2.
  • Sesuaikan saja dengan kartu SIM yang dijadikan tujuan pemindahan kontak. Ketika muncul pop-up, klik OK.

Ekspor Kontak ke Kartu SIM kita

  • Selanjutnya, pilih dan tandai kontak yang akan dipindahkan > klik Oke.

Pilih Kontak yang Akan Disimpan

  • Dan kontak pun berhasil dipindahkan ke kartu SIM yang kamu pilih.
  • Langkah selajutnya, copot kartu SIM di HP yang lama, lalu pasang di HP yang baru. Maka, semua kontak yang sudah dipindahkan tadi akan muncul di HP kamu yang baru. Selesai!

BACA JUGA: Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Menghilangkan Chat dan Kontak

Memindahkan kontak lewat akun Google

Cara memindahkan kontak ke HP lain berikutnya dengan memindahkannya terlebih dahulu ke akun Google. Akun Google atau Gmail memang bisa digunakan juga untuk menyimpan kontak.

Jika di kartu SIM jumlah kontaknya terbatas, berbeda dengan di akun Google yang membuat kita leluasa menyimpan kontak telepon. Sebelum memindahkannya ke HP yang baru, kamu harus memimdahkan kontak ke akun Google.

Nantinya ketika kita login akun Google tersebut di HP yang baru, secara otomatis kontak yang dipindahkan tadi akan muncul pula.

Untuk memindahkan kontak ke akun Google sangat mudah, berikut tutorialnya!

  • Pertama, pastikan akun Google yang akan digunakan menyimpan kontak sudah login di HP yang lama.
  • Kemudian, masuk ke aplikasi Kontak dan masuk ke menu Pengaturan > klik Impor/Ekspor kontak.

Cara Pindahkan Kontak ke HP yang Lain

  • Silakan klik Ekspor ke penyimpanan, klik OK ketika muncul pop up konfirmasi.

Cara Memindahkan Kontak ke HP lain dengan Mudah

  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Setelah itu, klik Impor dari penyimpanan dan pilih akun Google yang akan dijadikan media penyimpanan.

Cara Ekspor atau Impor Kontak

 

  • Pilih file .vcf yang tadi simpan.

File di Google Drive

 

  • Klik Oke. Tunggu lagi hingga proses impor selesai.

Cara Memindahkan Kontak ke HP lain yang Baru

  • Jika sudah, login akun Google yang digunakan sebagai penyimpanan kontak di HP yang baru. Terakhir, pilih sinkronisasi otomatis, maka kontak berhasil dipindahkan ke HP yang baru.

Sangat mudah dan praktis bukan? Hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah dan kontak berhasil dipindahkan ke HP lain.

BACA JUGA: 2 Cara Melihat Jumlah Kontak WA di HP Android

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara memindahkan kontak ke HP lain dengan dua metode mudah. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply