RANCAH POST – Cara mengaktifkan termasuk ongkos kirim di Shopee mungkin saat ini sedang Anda perlukan karena ingin berjualan produk digital seperti pulsa, token listrik atau voucher game di platform belanja online yang identik dengan warna orange tersebut.

Selain bermanfaat bagi penjual, fitur termasuk ongkir Shopee ini juga dapat memberikan keuntungan bagi pembeli karena tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar ongkos pengiriman.

Mungkin sebagian seller Shopee masih belum memahami sistem kerja dari fitur ‘Termasuk Ongkos Kirim Shopee’ ini. Singkatnya, fitur tersebut memungkinkan seller untuk menjual produk tanpa mencantumkan pilihan jasa pengiriman.

Bagi Anda yang pernah membeli produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, voucher game dan e-book di Shopee pasti telah merasakan manfaat dari fitur tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh, berikut ini adalah beberapa produk yang mendukung fitur termasuk ongkir di Shopee.

Produk Non Fisik

Ya, produk digital memang tidak bisa dikirimkan lewat kurir atau pihak ekspedisi karena bersifat non fisik. Contoh produk digital yang bisa dijual di Shopeee diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pulsa
  • Paket Data
  • Token Listrik
  • Voucher Game
  • E-book
  • Pulsa Transfer
  • Dan produk-produk lain sejenisnya

Bila Anda berniat untuk menjual produk-produk seperti yang disebutkan di atas, maka Anda harus mengaktifkan fitur termasuk ongkos kirim agar produk yang dijual bisa sampai ke pengguna.

Setelah produk berhasil dikirimkan, maka Anda selaku penjual dapat meminta pembeli untuk melakukan konfirmasi pesanan diterima agar dana atau uang hasil penjualannya masuk ke saldo akun Anda.

Produk Butuh Penanganan Khusus

Kemudian produk yang mendukung fitur termasuk ongkos kirim di Shopee yang selanjutnya adalah produk-produk yang memerlukan penangan khusus. Misalnya bahan kimia berbahaya atau barang yang mudah pecah seperti vas bunga dan kaca.

Agar barang tersebut sampai ke tangan pembeli dalam keadaan aman harus diantar secara langsung oleh penjual. Adapun untuk biaya pengirimannya akan dibayarkan nanti di alamat tujuan secara COD (Cash On Delivery).

Produk yang Memerlukan Instalasi

Beberapa produk yang memerlukan instalasi misalnya adalah AC, TV, kulkas serta produk sejenisnya. Khusus untuk produk yang masuk ke dalam kategori ini, biasa penjual telah mencantumkan ongkir termasuk biaya instalasi pada harga produk.

Tapi kebanyakan, produk yang memerlukan instalasi ini hanya dijual sesuai dengan jangkauan seller.

Produk Terlalu Besar/Terlalu Berat

Contoh produk yang bisa didaftarkan fitur termasuk ongkir pada kategori ini adalah Lemari atau barang-barang furniture lain yang harus diantarkan langsung oleh seller kepada pembeli.

Itu artinya, seller harus menanggung biaya ongkos kirim sesuai kesepakatan dengan pembeli.

Produk Lainnya

Selain produk-produk yang disebutkan satu persatu di atas, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ini untuk menjual produk yang tidak memerlukan pengiriman. Contohnya di bidang jasa seperti editing, desain, dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan Termasuk Ongkos Kirim di Shopee

Sebelum melakukan pengaktifan fitur ini, silahkan Anda siapkan dulu foto KTP, foto buku tabungan, nomor rekening serta link produk yang Anda jual.

  • Pertama buka aplikasi Shopee. Pilih menu Saya > Toko Saya.
  • Klik menu Pengaturan dengan ikon gerigi yang berada di bagian kanan atas > Opsi Pengiriman.
Cara Daftar Termasuk Ongkir Shopee
Cara Daftar Termasuk Ongkir Shopee. (SS)
  • Kemudian ada dapat mengklik link untuk dapat mengaktifkan jasa kirim selain yang tertera pada halaman tersebut.
  • Lalu klik lagi link untuk dapat mengaktifkan jasa kirim yang tidak didukung Shopee.
Cara Daftar Termasuk Ongkos Kirim di Shopee
Cara Daftar Termasuk Ongkos Kirim di Shopee. (SS)
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir aktivasi ‘Termasuk Ongkos Kirim’ Shopee.
  • Isi semua formulir data dengan benar dan jika sudah tinggal klik tombol Kirim.
Form Pengajuan Termasuk Ongkos Kirim Shopee
Form Pengajuan Termasuk Ongkos Kirim Shopee. (SS)

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dalam waktu 3-5 hari kerja.

BACA JUGACara Transfer Koin Shopee ke Teman dengan Cepat

Jadi itulah langkah-langkah cara pengajuan termasuk ongkos kirim Shopee. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply